Bahaya Mengerikan Akibat Sering Menggunakan Headset

Bahaya Mengerikan Akibat Sering Menggunakan Headset. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern menggunakan headset atau earphone dalam kesehariannya. Baik saat berjalan, berada di kendaraan umum hingga saat berolahraga.

Mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone memang mengasyikan. Selain untuk mengusir kebosanan, kesenangan Anda pun tidak akan mengganggu orang yang ada di sekitar Anda.

Namun, jika alat tersebut digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan telinga gatal, bahkan sampai tuli. Dalam hal ini, banyak masyarakat yang tidak sadar kalau menggunakan earphone atau headset sebenarnya berbahaya bagi kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/03/2019), ada anggapan lain yang beredar di masyarakat, bahwa mendengarkan musik memakai alat tersebut sambil tidur dapat menyebabkan tuli, bahkan bisa berujung pada kematian.

Dr. Syahrial MH, SpTHT-KL(K), mengatakan, salah satu yang sering terjadi dari kebiasaan itu adalah terjadinya infeksi telinga. Memakai headset atau earphone dalam waktu lama dapat menyebabkan telinga gatal, yang kemudian akan mengorek-ngorek bagian dalam telinga, lalu terjadilah infeksi.

“Selain itu, headset dan earphone yang dipakai lebih dari satu jam dapat merusak pendengaran, bahkan bisa mengakibatkan kerusakan permanen. Jika berlebihan, baik waktu maupun durasi penggunaannya, ini akan merusak pendengaran secara perlahan-lahan. Tahu-tahu sudah bolot dan itu tidak dapat kembali normal seperti semula, karena yang rusaknya saraf pendengaran. Jadi bukan gendang telinga atau sistem konduksinya,” terang Syahrial.

Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk memakainya maksimal selama 60 menit atau satu jam dengan kekuatan suara 60 persen. Jika lebih dari itu, telinga harus diistirahatkan dulu agar sel-sel rambut di dalam telinga bisa beristirahat akibat trauma dari penggunaan earphone atau headset.

“Setelah itu baru boleh digunakan lagi, baik untuk mendengarkan musik, atau menonton film. Namun, disarankan untuk menggunakan headphone yang posisinya berada di luar, daripada memakai headset atau earphone yang lebih berisiko membuat telinga trauma bising lantaran dipakainya musti masuk ke dalam telinga. (Eva/R3/HR-Online)t