Ini Bahaya Selfie Pakai ‘Kamera Jahat’ Agar Terlihat Cantik

Kamera Jahat
Selfie memakai kamera jahat, bisa berbahaya bagi smartphone. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),– Bagi Anda pengguna smartphone tentu menyenangkan ketika selfie menggunakan aplikasi seperti beauty camera agar terlihat cantik. Tetapi, Anda harus berhati-hati karena ada bahaya mengintai smartphone ketika Anda selfie menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikenal dengan sebutan kamera jahat ini.

Para pengguna smartphone tentu sudah akrab dengan yang namanya ‘kamera jahat’. Istilah ini diberikan untuk aplikasi beauty camera yang sudah lama digandrungi para pengguna smartphone. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memiliki wajah mulus, putih, dan bersih, walaupun hanya sebatas foto.

Foto hasil dari aplikasi kamera jahat ini akan dibagikan penggunanya ke berbagai platform media sosial. Tujuannya untuk memperlihatkan citra diri yang terkadang jauh berbeda dengan wajah aslinya. Karena itulah, para pengguna smartphone menjulukinya dengan ‘Kamera Jahat’.

Anda yang gemar menggunakan kamera jahat ketika selfie ini, harus berhati-hati. Pasalnya, perusahaan keamanan Trend Micro merilis 29 aplikasi kamera jahat yang ada di Google Play Store. Aplikasi ini teridentifikasi berisi malware dan phishing. Malware atau Malicious Software merupakan suatu program yang dirancang untuk merusak dengan menyusup ke suatu sistem komputer maupun smartphone. Sementara phishing adalah program yang bisa menjebak pengguna suatu aplikasi sehingga memperoleh informasi pribadi seperti User ID, password hingga data-data penting lainnya.

Trend Micro mengatakan ke-29 aplikasi yang mereka sebut sebagai beauty camera ini populer di kalangan penggguna smartphone di Asia. Bukan itu saja, beberapa aplikasi telah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna smartphone. Aplikasi yang di Indonesia dikenal dengan nama ‘kamera jahat’ ini, digunakan untuk memoles foto-foto selfie penggunanya agar terlihat lebih cantik.

Lorin Wu, analis keamanan Trend Micro mengatakan beberapa dari aplikasi tersebut menyematkan iklan yang menipu para penggunanya. Dilketahui iklan tersebut mengarahkan pengguna untuk mengunjungi situs-situs yang bermuatan phishing. Situs ini akan meminta informasi pribadi pengguna, seperti alamat sampai nomor telepon.

Anda yang terbiasa menggunakan si kamera jahat ini mungkin pernah pula menemukan iklan sehalaman penuh di layar smartphone Anda ketika membuka lock screen. Anda bahkan mungkin pernah secara tidak sengaja mengklik iklan tersebut dan secara otomatis tiba-tiba mendownload video porno berbayar. Hati-hati, karena bisa jadi iklan-iklan yang muncul tersebut berasal dari aplikasi kamera jahat yang Anda gunakan.

Hebatnya lagi, Anda akan kesulitan menentukan dari mana iklan-iklan tersebut berasal, karena aplikasi kamera jahat ini tidak bisa dideteksi ada di balik munculnya iklan-iklan tersebut. Aplikasi kamera jahat ini memang dirancang hingga bisa menyembunyikan kemampuan yang merugikan penggunanya itu. Salah satunya, aplikasi ini juga dapat menyembunyikan ikon dari daftar aplikasi Android, Akibatnya Anda akan kesulitan ketika ingin melakukan uninstall.

Selain itu, dengan menggunakan sistem kompresi, maka aplikasi kamera jahat ini juga bisa menghindar dari pantauan sistem keamanan. Maka tidak heran aplikasi-aplikasi tersebut bisa lolos dari pemindaian Google dan melenggang masuk Play Store.

Berikut ini adalah daftar 29 aplikasi  kamera jahat yang berisi malware dan phishing tersebut yang bisa merusak smartphone Anda dan bahkan bisa mencuri data-data pribadi Anda:

  1. Pro Camera Beauty
  2. Cartoon App Photo
  3. Emoji Camera
  4. Artistic Effect Filter
  5. Art Editor
  6. Beauty Camera
  7. Selfie Camera Pro
  8. Horizon Beauty Camera
  9. Super Camera
  10. Art Effects for Photo
  11. Awesome Cartoon Art
  12. Art Filter Photo
  13. Art Filter Photo Effects
  14. Cartoon Effect
  15. Art Effects
  16. Photo Editor
  17. Wallpapers HD
  18. Magic Art Filter Photo Editor
  19. Fill Art Photo Editor
  20. Art Flip Photo Editing
  21. Art Filter
  22. Cartoon App Photo
  23. Prizma Photo Effect
  24. Cartoon App Photo Filter
  25. Art Filter Photo Editor
  26. Pixture
  27. Art Effect
  28. Photo Art Effect
  29. Cartoon Photo Filter

Dari daftar aplikasi tersebut, mana aplikasi yang pernah Anda pakai? Jika smartphone Anda tiba-tiba rusak kena virus, bisa jadi penyebabnya keberadaaan aplikasi-aplikasi kamera jahat tersebut yang terinstall di smartphone Anda. (Ndu/R7/HR-Online).

KOMENTAR ANDA