Begini Cara Chat Nomor WhatsApp yang Telah Memblokir Anda

Cara Chat Nomor WhatsApp
Ilustrasi cara chat nomor whatsApp yang telah memblokir Anda. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi,(harapanrakyat.com),WhatsApp jadi aplikasi chatting paling populer saat ini, pasalnya WhatsApp masih konsisten tanpa iklan yang mengganggu. Selain itu, sudah sejak lama WhatsApp menyediakan fitur yang memungkinkan Anda memblokir nomor orang lain. Jika nomor Anda diblokir, otomatis Anda tidak bisa mengirim chat ke orang tersebut. Namun, kini ada cara chat nomor WhatsApp yang memungkinkan Anda masih bisa tetap mengirim pesan ke orang yang telah memblokir Anda.

Anda bisa saja mengirim pesan pada orang yang sudah memblokir Anda dengan cara mengganti nomor HP. Namun, cara ini tentu saja terlalu merepotkan karena Anda perlu registrasi ulang dan Anda harus memberitahukan kolega dan keluarga Anda bahwa Anda ganti nomor. Daripada ribet, ada cara chat nomor WhatsApp yang sudah memblokir Anda dengan mudah dan tanpa perlu mengganti nomor.

Sebenarnya ada beberapa faktor kenapa orang memblokir nomor di WhatsApp. Pertama, orang yang bersangkutan marah sehingga Anda perlu menyelesaikan permasalahannya langsung pada orang yang bersangkutan. Selanjutnya, bisa jadi mantan kekasih Anda merasa perlu memblokir nomor WhatsApp Anda agar bisa segera move on dan tidak lagi teringat kenangan ketika masih bersama Anda. Lalu mungkin saja orang yang memblokir WhatsApp melakukannya tidak sengaja, sehingga secara tidak sadar mereka mengklik tombol block pada kontak nomor WhatsApp Anda. Terakhir, mungkin Anda sering menyebarkan hoaks, spam iklan hingga ujaran kebencian yang membuat orang risih.

Ciri-ciri WhatsApp Anda Diblokir

Pada dasarnya fitur block ini berguna untuk mengantisipasi orang-orang yang kerap mengirimkan konten-konten spam. Fitur block ini berguna untuk menolak semua chat-chat yang menganggu. Sebelum membahas cara chat nomor WhatsApp ke orang yang telah memblokir WhatsApp Anda, Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri ketika WhatsApp Anda diblokir orang lain.

Pertama, Anda tidak bisa melihat foto profil kontaknya. Saat chatting dengan seseorang, pasti akan muncul foto profil milik orang yang Anda chat, jika tiba-tiba foto profilnya hilang, besar kemungkinan nomor Anda telah diblokir oleh orang yang bersangkutan. Namun, diblokir bukan satu-satunya kemungkinan, bisa jadi nomor Anda tidak disimpan di smartphonenya sehingga foto profilnya tidak muncul, atau orang yang Anda chat sengaja mengatur agar foto profilnya tidak tampil.

Kedua, Chatting selalu centang satu. WhatsApp dibekali fitur centang biru yang akan menunjukkan pesan yang Anda kirim telah dibaca. Sebaliknya, jika dua centang tersebut masih berwarna abu, artinya pesan Anda sudah sampai, tapi belum dibaca. Sementara jika pesan Anda hanya centang satu, artinya pesan Anda tidak sampai. Ada dua kemungkinan kenapa pesan di WhatsApp tidak sampai, yaitu tidak ada sinyal atau kemungkinan smartphone-nya lowbat sehingga HP mati, kedua jika sudah seminggu atau sebulan pesan Anda masih centang satu, bisa jadi Anda memang sudah diblokir oleh orang yang bersangkutan.

Ketiga, Anda tidak bisa lagi melihat status terbarunya. Jika Anda tiba-tiba tidak bisa melihat status terbaru seseorang di WhatsApp, maka ada dua kemungkinan, pertama orang tersebut sengaja menyembunyikan statusnya dari Anda, kedua bisa jadi Anda telah diblokir oleh orang yang bersangkutan.

Keempat, tanda selanjutnya untuk mengetahui WhatsApp Anda diblokir adalah Anda tidak bisa lagi melihat status kontak. Status ‘Last Seen’ atau ‘online’ pada kontak WhatsApp merupakan tanda seseorang sedang aktif menggunakan WhatsApp atau tidak. Nah, orang yang memblokir kontak Anda, statusnya tidak akan terlihat. Namun, perlu diingat, status ‘Last Seen’ kontak Anda tidak akan muncul jika Anda menonaktifkan fitur ini di pengaturan WhatsApp, caranya klik Setting (Pengaturan), pilih Account (Akun), lalu pilih Privacy (Privasi), dan terakhir pilih Last Seen (Terakhir Dilihat) lalu akan muncul tiga pilihan: semua orang, kontak saya dan tidak ada. Jika Anda memilih pilihan tidak ada, maka status ‘Last Seen’ (terakhir dilihat) tidak akan muncul di WhatsApp Anda.

Kelima, nomor WhatsApp yang memblokir Anda tidak bisa ditelepon. Jika Anda menelepon lewat WhatsApp dan panggilannya masuk, artinya Anda tidak diblokir, namun jika saat menelepon lewat WhatsApp panggilan Anda tidak sampai, artinya Anda telah diblokir oleh orang yang bersangkutan.

Keenam, tanda terakhir untuk mengetahui Anda diblokir atau tidak di WhatsApp yaitu Anda bisa mencoba mengundang nomor yang bersangkutan untuk dimasukkan ke dalam ‘Group Call’. Jika orang yang Anda curigai telah memblokir kontak Anda tidak bisa bergabung dalam Group Call, maka kemungkinan besar Anda memang sudah diblokir oleh orang yang bersangkutan.

Cara Chat Nomor WhatsApp yang Telah Memblokir Anda

Ketika seseorang memblokir nomor HP Anda, otomatis orang tersebut tidak bisa lagi menghubungi Anda atau tidak bisa chatting di WhatsApp. Begitu juga sebaliknya. Namun, ketika Anda sudah bisa mengirim pesan ke orang yang telah memblokir nomor HP Anda, jangan kaget terhadap reaksinya. Berikut cara chat nomor WhatsApp yang sudah memblokir Anda:

Pertama, Mengulang Pembuatan Akun WhatsApp

Cara chat nomor WhastApp yang telah memblokir Anda, metode pertama Anda bisa mengulang pembuatan akun, tanpa mengganti nomor telepon untuk mengirim pesan atau chatting kembali dengan orang yang telah memblokir Anda. Caranya, Anda tinggal klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp. Lalu klik ‘setelan’ (setting), lalu pilih ‘akun’ (account),  terakhir Anda pilih ‘hapus akun saya’ (delete my account). Selanjutnya klik setuju dan lanjutkan.

Setelah akun Anda terhapus, Anda tinggal melakukan proses pembuatan akun WhatsApp baru dengan tetap memakai nomor HP Anda. Anda bisa klik ikon kontak WhatsApp di sebelah kanan bawah setelah Anda bisa selesai membuat akun WhatsApp baru. Otomatis, Anda akan lepas dari pemblokiran dari kontak nomor yang sebelumnya telah memblokir Anda. Semuanya kembali normal seperti semula, Anda bisa kembali mengirimkan pesan atau chat dengan orang yang telah memblokir Anda tersebut.

Kedua, Pakai Aplikasi Verifikasi Nomor Palsu

Cara chat nomor WhatsApp yang telah memblokir Anda selanjutnya, Anda mungkin memerlukan bantuan sebuah aplikasi bernama TextNow. Aplikasi ini akan memberi Anda nomor HP baru, tentunya nomornya palsu yang bisa Anda gunakan untuk verifikasi.

Setelah Anda mendownload aplikasi ini, gunakanlah nomor palsu yang Anda dapatkan dari aplikasi ini untuk proses verifikasi akun WhatsApp. Karena tidak bisa menerima kode verifikasi melalui SMS, maka Anda bisa menerimanya lewat panggilan suara. Selanjutnya Anda pilih Call Me untuk mendapatkan kode verifikasi tersebut.

Jika telah ada kode tersebut, maka segeralah melengkapi dan menyelesaikan proses verifikasi. Nomor Anda pun sudah menggunakan nomor berbeda sehingga otomatis pemblokiran yang dilakukan oleh seseorang tidak berlaku lagi. Kini Anda bisa kembali mengirimkan pesan ke orang yang telah memblokir Anda tersebut.

Nah, itulah dua metode yang bisa Anda gunakan sebagai cara chat WhatsApp pada nomor yang telah memblokir Anda, mudah bukan? (Ndu/R7/HR-Online)