Begini Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami, Wajib Dicoba!

Begini Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami, Wajib Dicoba! Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Kebiasaan makan dan gaya hidup tidak sehat jadi penyebab munculnya asam urat. Namun, ada cara alami mengobati penyakit asam urat supaya tidak berkelanjutan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (08/03/2019), berikut ini cara alami mengobat penyakit asam urat yang bisa Anda lakukan agar penyakit tersebut tidak berlangsung lama;

Ceri

Mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat mengobati asam urat. Karena, sifat anti inflamasi yang terkandung dalam buah ceri bermanfaat untuk mengobati asam urat, dan hal ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Selain itu, buah tersebut juga mengandung allopurinol yang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Cara konsumsinya, makan sekitar 15-20 buah ceri setiap hari, atau bisa juga dibikin jus dan minum segelas jus ceri untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang timbul akibat asam urat.

Cuka Apel

Untuk mengurangi rasa sakit yang biasa dialami oleh penderita asam urat, cuka apel menjadi salah satu solusinya. Sebab, cuka apel memiliki sifat anti inflamasi. Caranya, siapkan 1 sendok makan cuka apel dicampur madu dan air hangat. Lalu, minum setiap hari untuk mengobati asam urat.

Pisang

Buah pisang mengandung potasium yang mampu membantu mengubah kristal asam urat menjadi cair agar dapat keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Caranya, makan setidaknya 2 buah pisang setiap hari untuk mengobati nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat.

Jahe

Seperti diketahui bahwa jahe mengandung berbagai senyawa anti inflasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan Jahe mengandung berbagai senyawa anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang biasa dialami penderita asam urat. Hal itu karena jahe bersifat analgesik.

Caranya, minum air rebusan jahe alami setiap hari untuk mengobati asam urat yang terasa menyiksa dan menganggu aktifitas Anda.

Lemon

Lemon merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin C terbaik. Vitamin C merupakan zat antioksidan kuat yang dapat membantu menetralisir kelebihan kadar asam urat dalam tubuh.

Konsumsi lemon adalah salah satu cara untuk mengobati asam urat. Sumber makanan ini menjadi salah satu sumber makanan  yang mengandung vitamin C terbaik.

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita asam urat, peras setengah buah lemon, lalu campurkan dengan air hangat.

Nah, buat Anda yang menderita asam urat, tidak ada salahnya Anda mencoba cara alami tersebut, dan selalu menjaga pola hidup sehat.

Penderita Asam Urat jangan Konsumsi Makanan Ini

Asam urat adalah penyakit yang diakibatkan terjadinya penumpukkan asam urat sebagai hasil dari penguraian zat purin yang terdapat di dalam sel-sel tubuh.

Bila asam urat yang dibuang jumlahnya lebih kecil dibanding dengan jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun yang selanjutnya membentuk kristal tajam pada persendian. Kondisi ini yang menimbulkan peradangan terasa sangat sakit.

Faktor penybab asam urat yang umum salah satunya berasal dari makanan tinggi zat purin. Dikutip dari boldsky.com, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk penderita asam urat;

Makanan Berbahan Tepung

Makanan olahan berbahan tepung, terutama putih yang biasa dikonsumsi tidak mengandung banyak nutrisi sehat. Bahkan, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu munculnya peradangan.

Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 6

Asupan asam lemak omega 6 penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi, jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Ada beberapa makanan tinggi asam lemak omega 6 yang perlu dikonsumsi secara bijak, contohnya minyak jagung, minyak bunga matahri, dan mayones.

Makanan Manis

Selain dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, konsumsi makanan manis secara berlebih juga bisa meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam akan memperburuk asam urat hingga penyakit autoimun, seperti halnya rematik, multiple sclerosis, dan psoriasis.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng jelas mengandung lemak jenuh yang akan meningkatkan peradangan di dalam tubuh, serta memperburuk asam urat.

Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara dimasak berlebih, dipanggang atau dibakar akan menghasilkan toksin atau racun tertentu. Toksin inilah yang bisa memicu peradangan di dalam tubuh.

Produk Olahan Susu

Bagi beberapa orang yang menderita asam urat, susu dan produk olahannya bisa menyebabkan peradangan sekaligus memperburuk penyakitnya tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA