Begini Rencana Pembangunan Pangandaran 2020

H. Agus Satriadi, Kepala Bappeda Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com), – H. Agus Satriadi, Kepala Bappeda Kabupaten Pangandaran menyampaikan rencana program pembangunan Pangandaran 2020 akan fokus pada 4 prioritas, yaitu pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pariwisata. Hal tersebut disampaikan Agus pada acara pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dikemas dalam forum gabungan perangkat daerah.

Agus mengatakan, kegiatan forum gabungan perangkat daerah tersebut merupakan lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD di kecamatan yang telah dilaksankan pada tanggal 31 Januari sampai 12 Februari 2019 lalu. Puncak acara Musrenbang RKPD Kabupaten Pangandaran sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019 nanti. 

Tujuan dari penyelenggaran Forum Perangkat Daerah tersebut adalah untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah hasil dari Musrenbang RKPD di kecamatan. Urutan prioritas kegiatan kemudian disusun untuk disepakati menjadi Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Puncak Musrenbang tersebut, kata Agus, akan melibatkan stakeholder pembangunan sebagaimana undangan dari Bupati Pangandaran yakni unsur pemerintah Pangandaran maupun Provinsi Jabar, unsur DPRD Provinsi Dapil XIII maupun DPRD Kabupaten Pangandaran, unsur perguruan tinggi, unsur kabupaten maupun kota tetangga, unsur tokoh masyarakat, unsur perangkat daerah, unsur delegasi dari kecamatan Pangandaran, serta unsur organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha.

“Masyarakat juga tetap dapat berkontribusi pada saluran dan tahapan perencanaan yang lain seperti melalu perangkat daerah, DPRD, maupun melalui website,” kata Agus Satriadi saat ditemui HR Online, Jum’at (1/3/2019).

Agus Satriadi menambahkan, setelah selesai tahapan Musrenbang di kabupaten, tahapan berikutnya yaitu tahapan Musrenbang tingkat nasional dan provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 22 Maret 2019. 

“Pada tahapan ini perangkat daerah harus aktif berkoordinasi dengan provinsi dan kementerian terkait usulan pendanaan melalui APBD Provinsi dan APBN, setelah itu segera menyusun proposal usulan untuk bahan pembahasan pada Musrenbang yang dimaksud,”ungkap Agus.

Masih menurut Agus, fokus pembangunan sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021, sampai dengan tahun ke-3 telah dilaksanakan program-program pembangunan daerah yang akan menjadi pijakan atau pondasi pelaksanaan tahun-tahun berikutnya.

Prioritas 4 pembangunan yang disebut Agus akan ditekankan pada penyelenggaraan pendidikan Pangandaran Hebat dan Pangandaran Madani, operasionalisasi RSUD, pelayanan kesehatan dasar gratis, pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial keagamaan masyarakat serta penyelenggaraan kamtibmas dan pemilihan umum kepala daerah.

Agus juga menyampaikan selama tahun 2019 pembangunan Kabupaten Pangandaran telah fokus pada pembangunan RTH, pembangunan RSUD yang memadai, pembangunan kampus UNPAD, pembangunan Politeknik Kelautan dan Perikanan, pembangunan piamari, pembangunan pelabuhan Pangandaran, pembangunan embung Pangandaran, pembangunan Puskesmas sebesar 60%, dan pembangunan jalan dan jembatan kabupaten sebesar 60%.

Menurut Agus, saat ini infrastruktur dasar dan pelayanan dasar sudah semakin baik, terjangkau dan merata di seluruh sektor dan wilayah kabupaten Pangandaran. “Setelah suksesnya penataan PKL dan penataan kawasan tahun ini, akan dilaksanakan proyek-proyek pembangunan Pangandaran 2020 yang strategis, semua proyek itu akan lebih menguatkan posisi Kabupaten Pangandaran di tingkat regional, nasional dan internasional,” pungkasnya. (Madlani/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA