Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarBLK Kota Banjar Miliki 60 Paket Pelatihan Keterampilan

BLK Kota Banjar Miliki 60 Paket Pelatihan Keterampilan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar, selama tahun 2019 ini memiliki 60 paket pelatihan keterampilan. Dari jumlah tersebut, 5 paket/jenis pelatihan sudah dimulai sejak Selasa (19/03/2019) lalu, bertempat di Aula UPTD BLK Kota Banjar.

Sekretaris Disnaker Kota Banjar, Yudi, mengatakan, dimulainya 5 jenis pelatihan keterampilan ini menandai dibukanya 60 paket pelatihan yang dikelola oleh pihaknya selama tahun 2019 ini.

“Per paket pelatihan ada 16 peserta. Jadi seluruhnya dari 60 paket pelatihan, kami akan menerima sedikitnya 960 orang dari berbagai daerah di Kota Banjar,” katanya, kepada Koran HR.

Pelatihan keterampilan berupa bidang kejuruan yang meiputi otomotif motor atau bengkel motor, menjahit, tata rias wajah. Kemudian pengolahan ikan atau tata boga, pengelasan, perkayuan/mebeuler, dan pengolahan kur manis.

“Tentu ini kesempatan baik, khususnya bagi kaum muda-mudi di Kota Banjar. Karena mereka bisa mengkuti beberapa pelatihan kejuruan yang tersedia selama tahun 2019,” tandas Yudi.

BLK Banjar Sediakan 5 Jenis Pelatihan

Kepala UPTD BLK Kota Banjar, Asep Yanto, menambahkan, kegiatan 5 jenis pelatihan tersebut akan berlangsung selama 20 hari atau sampai 13 April. Untuk instrukturnya dikerjasamakan dengan BLK Tasikmalaya serta sejumlah LPK yang ada di Kota Banjar.

Ia pun mengungkapkan, dari 60 paket pelatihan, 56 paket diantaranya didanai dari APBN. Dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja Bandung. Sedangkan, 4 paket lagi dari APBD Kota Banjar tahun 2019.

Baca Juga : Pemkot Banjar Bakal Meresmikan BLK dan BCH

“Peserta pelatihan diperuntukkan bagi warga yang butuh keterampilan, khususnya kaum muda yang dipersiapkan agar nantinya mereka bisa mengembangkan serta mampu memiliki pekerjaan,” katanya.

Asep juga menjelaskan, tujuan dari berbagai pelatihan tersebut tentunya untuk meningkatkan SDM serta mengurangi pengangguran. Jadi pada intinya, ke depan warga Kota Banjar bisa mandiri dan memiliki kompetensi.

Pelatihan Perkayuan dan Makanan Olahan

Puluhan pemuda-pemudi dari dua desa di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, mendapatkan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi yang diberikan Disnaker, melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar.

Para peserta pelatihan tersebut berasal dari Desa Rejasari dan Desa Langensari dengan total sebanyak 32 orang. Selama 20 hari kedepan mereka akan mendapatkan pelatihan perkayuan dan makanan olahan Roti Manis, bertempat di aula desa masing-masing peserta berasal.

Kadisnaker Kota Banjar, H. Ruswa, mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan program Kementerian Tenaga Kerja RI melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLT) Bandung.

“Kita bersyukur, setelah Kota Banjar memiliki BLK, kini dapat banyak paket pelatihan. Setidaknya, para pemuda-pemudi yang masih menganggur bisa diberdayakan untuk ikut pelatihan. Yang jelas, warga Banjar harus siap mandiri dan kerja sesuai bidang kompetensinya,” kata Ruswa, kepada Koran HR, di sela-sela acara pembukaan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi, Senin (25/03/2019), di Aula Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. (Nanks/Koran HR)