Begini Cara Blokir Iklan yang Mengganggu di Smartphone

Cara Blokir Iklan
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Teknlogi, (harapanrakyat.com), – Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti sering kesal dengan berbagai iklan yang muncul dari aplikasi yang dipasang di perangkat yang Anda gunakan. Beragam iklan kadang bisa sampai menutup layar smartphone ketika Anda membuka browser, aplikasi game maupun aplikasi video. Anda juga pasti pernah tidak sengaja membuka iklan tersebut. Tetapi jangan khawatir, karena kini ada cara blokir iklan yang mengganggu di smartphone. Yakni dengan memasang aplikasi pemblokir iklan di perangkat smartphone Anda.

Iklan yang muncul di aplikasi yang Anda pasang di smartphone merupakan sumber pendapatan bagi developer aplikasi maupun game. Iklan biasanya muncul dalam versi gratis. Developer biasanya menawarkan pilihan premium untuk aplikasi tanpa gangguan iklan dengan pembelian beberapa item dalam aplikasi, tetapi harganya tidak murah.

Iklan-iklan tersebut sebenarnya mendukung developer aplikasi untuk terus berkarya. Selain itu pendapatan dari iklan bisa disebut sebagai kompensasi atas hasil kerja keras mereka. Namun bagi pengguna smartphone seperti Anda, munculnya iklan-iklan tersebut sangatlah mengganggu saat Anda menjalankan suatu aplikasi maupun game. Pengguna smartphone seperti Anda pasti mencari cara blokir iklan yang menggangggu di smartphone.

Sayangnya, aplikasi pemblokir iklan ini jarang ditemukan di Google Play Store Karena dianggap sebagai aplikasi pengganggu oleh Google. Selain mengganggu, Google juga menganggapnya sebagai aplikasi perusak dan kadang mengacaukan cara kerja aplikasi lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan platform pihak ketiga yang bisa digunakan untuk memasang aplikasi pemblokir iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan juga tidaklah gratis, walaupun ada pula yang bisa didownload secara bebas.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu:

AdWay

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengusir iklan ke tempat lain, sehingga tidak lagi bisa muncul di layar smartphone. Aplikasi AdWay didukung oleh host yang telah dimodifikasi, sehingga file host yang disimpan oleh pengguna ada di bagian read-only di system android. Karena itu Anda terlebih dahulu harus melakukan root pada perangkat.

Kekurangan AdWay adalah aplikasi ini tidak bisa didownload via Playstore, walaupun AdWay ini termasuk aplikasi gratisan. Anda bisa mendownloadnya lewat Open Sorce F-Droid. Selain itu, Anda harus sedikit mengutak atik perangkat smartphone terlebih dahulu untuk memasang aplikasi AdWay ini.

 Adblock Plus

Kelebihan aplikasi Ablock Plus ini adalah bisa digunakan dengan cara di-root maupun tanpa root. Walaupun begitu, bagi Anda pengguna smartphone yang akan memasang aplikasi tanpa root ini akan membutuhkan cara-cara ekstra untuk memasangnya.

Kelebihan lainnya Adblock Plus bisa ddownload di Play Store secara Cuma-cuma. Cara blokir iklan yang mengganggu dengan aplikasi ini, setelah berhasil menginstall Adblock Plus, Anda buka aplikasinya, kemudian atur setting sesuai petunjuk, setelah itu Adblock Plus akan mulai berjalan di latar belakang.

AdGuard

Cara kerja aplikasi pemblokir iklan yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan AdBlock Plus. AdGuard akan berjalan di latar belakang dan akan menyaring trafik pada web yang Anda buka. Kelebihannya aplikasi ini bisa berjalan tanpa harus root terlebih dahulu. Walaupun begitu AdGuard membutuhkan pengaturan yang cukup rumit.

Kelebihan aplikasi ini, desain antarmukanya cukup rapi sehingga mudah untuk disetting. Aplikasi AdGuard ini ada yang bisa dipasang secara cuma-cuma, tetapi AdGuard yang gratisan hanya bisa memblokir iklan yang berasal dari browser saja.

Jika Anda ingin memblokir iklan seluruhnya dari perangkat smartphone, Anda bisa mendapatkan versi premiumnya dengan membayar sebesar 24,99 dollar AS atau sekitar Rp. 352.000-an selama satu bulan. Versi premium AdGurad bisa digunakan di desktop Mac maupun Windows.

Browser dengan Pemblokir Iklan

Beberapa peramban atau browser memasang advertising block (ad-block), ad-block pada browser-brwoser tersebut  berguna untuk menyaring iklan yang muncul saat Anda membuka browser. Selain itu ad-block pada beberapa browser berguna juga untuk mengurangi iklan yang paling mengganggu menurut penggunanya.

Browser yang memiliki pemblokir iklan ini misalnya Chrome. Namun, iklan pada Chrome tidak sirna seluruhnya. Masih akan ada iklan yang muncul walaupun tak sebanyak jika tanpa ada pemblokir iklan. Masih munculnya iklan pada browser ini, merupakan salah satu cara beberapa web untuk mendapatkan pundi-pundia uang.

Selain Chrome, ada juga browser yang sudah memasang pemblokir iklan, seperti Firefox Focus. Aplikasi browser unggulan Mozilla ini memiliki cara blokir iklan yang mengganggu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir web trakers yang bisa memperlambat penjelajahan laman suatu web. Hal ini karena iklan tak lagi loading lama dan data yang dikonsumsi juga cukup ringan. Firefox Focus ini bisa diiunduh secara cuma-cuma di Play Store.

Browser selanjutnya yang punya pemblokir iklan adalah Opera Mini yang sudah dikenal sejak Android belum dikenal. Opera mini ini terus mengembangkan teknologi browsernya dengan penambahan fitur-fitur yang membantu para penggunanya, salah satunya adalah pemblokir iklan.

Selain mampu memblokir iklan, Opera Mini juga menyematkan fitur Save Data yang disebut-sebut mampu menghemat data hingga 90%. Kelebihan Opera Mini dalam pemblokiran iklan ini adalah Anda tak perlu pengaturan khusus saat browsing menggunakan Opera Mini, karena otomatis iklan tidak akan muncul pada laman web yang Anda kunjungi melalui Browser ini.

Block This

Aplikasi Block This, mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun Block This ini mengklaim memiliki metode yang lebih hemat daya dibanding aplikasi pemblokir iklan standar lainnya.

Cara blokir iklan yang mengganggu dengan menggunakan aplikasi ini mirip dengan pengaturan VPN yang juga digunakan pada aplikasi Adblock Plus dan AdGuard. Block This yang menggunakan pemblokir DNS bukannya menggunakan alat penyaring iklan, cara inilah yang diklaim bisa menghemat daya pada Smartphone.

Aplikasi ini akan menyelesaikan pekerjaannya sebelum data mencapai perangkat Smartphone. Tujuannya adalah untuk mengurangi trafik data. Aplikasi Block This ini sifatnya open source dan tentu saja bisa didownload secara gratis.

Nah itu beberapa cara blokir iklan yang mengganggu di Smartphone dengan menggunakan beberapa aplikasi yang diantaranya ada di Play Store dan bisa diunduh secara cuma-cuma. Jangan biarkan aktivitas Anda melalui smartphone terganggu karena iklan-iklan yang muncul setiap saat. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA