Begini Cara Hilangkan Bau Badan Pakai Tawas

Cara Hilangkan Bau Badan Pakai Tawas
Begini cara hilangkan bau badan pakai tawas. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),Bau badan yang menyengat akibat keringat berlebih bisa dihilangkan dengan menggunakan tawas. HR Online bagikan cara hilangkan bau badan pakai tawas yang aman dan efektif usir bau badan.

Bau Badan seringkali mengganggu rasa nyaman dan membuat tidak percaya diri. Apalagi bila Anda termasuk orang yang sering mengeluarkan keringat berlebih, terkadang keringat jadi asam, akibatnya bau dari badan Anda akan sangat menganggu, terutama orang-orang sekitar Anda.

Untuk mengatasinya banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan menyemprotkan parfum atau deodorant. Namun, efeknya ketika seharian Anda beraktivitas di luar ruangan, keringat masih bisa menyebabkan bau badan, ketika tercampur dengan bau parfum baunya semakin tidak enak dan terkadang membuat mual orang-orang di sekitar Anda.

Salah satu cara untuk mengatasi bau badan adalah dengan menggunakan tawas. Tawas lebih sering dikenal sebagai benda yang berguna untuk menjernihkan air yang keruh. Namun, tawas juga berguna untuk menghilangkan bau badan yang sangat menganggu. Tawas disebut juga sebagai deodorant alami yang aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara Hilangkan Bau Badan dengan Tawas

Pertama, dengan bongkahan tawas. Tawas yang masih berbentuk bongkahan bisa direndam dulu dalam air bersih dan biarkan sampai larut. Setelah larut, ambil bongkahan tawas tersebut dan gosokkan ke ketiak. Jangan lupa bersihkan ketiak terlebih dahulu sebelum digosok oleh tawas.

Anda bisa menganggapnya sebagai deodoran. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggosokkan tawas ke ketiak, karena penggunaannya yang buru-buru bisa melukai dan menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Setelah Anda menggosok ketiak dengan bongkahan tawas tersebut, diamkan terlebih dahulu hingga tawas mengering di ketiak Anda. Jangan dibilas ataupun dilap untuk hasil maksimal.

Kedua, cara hilangkan bau badan dengan tawas bubuk. Tawas bubuk pada dasarnya lebih gampang digunakan. Anda cukup mencampurkan tawas bubuk dengan sedikit air hingga hingga larut dalam air. Kemudian serap air tawas dengan handuk kecil. Lalu kompres ketiak Anda dengan handuk kecil tersebut, biarkan hingga kering. Ulangi cara ini sekitar 3 kali untuk hasil maksimal dan biarkan air tawas benar-benar mengering di ketiak tanpa dibilas.

Kelebihan Tawas Dibandingkan Deodoran Biasa

Jika Anda kurang yakin dengan penggunaan tawas untuk membasmi bau badan menyengat dan mengganggu, berikut HR Online rangkum kelebihan tawas dibandingkan dengan deodorant biasa.

Penggunaan tawas tidak menimbulkan efek samping, kecuali Anda menderita alergi yang bereaksi ketika menggunakan tawas. Namun, kebanyakan tawas tidak menimbulkan efek samping karena dari garam mineral alami.

Selain itu, harganya juga relative murah dan awet ketika digunakan. Sebongkah tawas sebesar bola pingpong bisa digunakan hingga 1 tahun atau lebih. Karena Anda tidak perlu menggunakannya setiap hari, cukup 2 atau 3 hari sekali untuk hilangkan bau badan.

Kelebihan lainnya, berbeda dengan deodorant yang biasanya meninggalkan bekas kuning pada pakaian dan sulit untuk dihilangkan, penggunaan tawas tidak menimbulkan bekas kuning di pakaian dan juga tidak akan membuat ketiak Anda hitam.

Perlu diingat bakteri merupakan penyebab utama timbulnya bau badan. Penggunaan tawas dapat melapisi kulit ketiak dengan mineral tipis yang dapat membunuh bakteri. Walaupun dilapisi mineral tipis dari tawas, namun keringat yang keluar dari kulit tidak terhambat sehingga tubuh tetap akan berfungsi seperti biasa, namun tanpa mengeluarkan aroma bau yang mengganggu.

Selanjutnya jika Anda sering mengalami alergi saat mengoleskan deodorant pada ketiak dan gatal-gatal hingga timbul iritasi karena bahan kimia yang terkandung dalam deodorant, maka penggunaan tawas ini dijamin aman. Hanya mungkin saja ketiak Anda yang mengalami luka akan sedikit perih karena tersentuh garam mineral yang terkandung dalam tawas, namun hal ini masih aman dan tidak akan menimbulkan efek buruk.

Penyebab Bau Badan Menyengat

Jika Anda sudah hilangkan bau badan dengan  tawas, tetapi masih ada bau badan, maka perlu diperhatikan juga penyebab bau badan berikut ini:

Pertama, banyaknya daerah-daerah lembab pada tubuh (seperti ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi). Keringat bisa keluar di daerah lembap lebih sulit kering sehingga akan terbendung dan menyebabkan bau badan.Daerah-daerah tersebut seperti ketiak, lipatan paha, lipatan payudara atau lipatan perut yang tersembunyi karena lemak.

Kedua, Iklim yang lembab atau kondisi cuaca panas juga dapat mengakibatkan keringat menjadi lebih berbau.

Ketiga, aktivitas Anda sehari-hari yang memicu keluarnya keringat yang lebih banyak bisa menimbulkan bau badan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan pribadi, terutama kebersihan pada daerah-daerah yang lembap di tubuh Anda. Berikut cara hilangkan bau badan yang dengan tips sederhana:

Anda bisa rajin mandi dan jangan lupa selalu membersihkan ketiak dan bagian lipatan kulit, sering-seringlah membersihkan ketiak dan daerah-daerah lembap lainnya pada saat berkeringat dengan tissue maupun sabun.

Jangan terlalu sering menggunakan baju ketat, karena keringat bisa menyerap ke dalam kain dan menimbulkan bau. Sebaliknya baju longgar membuat keringat di tubuh cepat menguap dan kering. Selain itu berat badan berlebih juga menyebabkan keringat berlebih, karena itu ada baiknya Anda menghindari berat badan berlebih. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...