Cara Jitu Merapikan Spasi yang Berantakan dari Word 2010 ke Word 2007

Ilustrasi contoh tulisan dari Word 2010 ke 2007 yang tidak ada spasinya atau terlihat berantakan. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Untuk mengetik makalah, laporan atau lainnya di komputer kebanyakan memakai Microsoft Office Word 2010. Namun saat ini tidak sedikit juga yang menggunakan Word 2007.

Masalahnya adalah saat mengetik di Word 2010 dan dibuka di komputer orang lain yang menggunakan Word 2007, menjadi tidak ada spasinya atau jadi berantakan tulisannya. Akibatnya dengan spasi yang berantakan itu bisa menjadi masalah terlebih diburu waktu. Padahal saat dicek kembali di komputer sendiri, file word tersebut tidak bermasalah

Untuk mengatasi hal tersebut, cara memperbaikinya dengan menual atau menambah spasi satu persatu. Tentunya, dengan cara tersebut akan memakan waktu yang lama, terlebih tulisannya sangat banyak lebih dari beberapa halaman.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi tulisan yang tidak ada spasinya, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut ini caranya.

1. Cara Pertama

Cara pertama mengatasi tulisan yang tidak ada spasinya adalah dengan “menurunkan” atau merubah ekstensi file.

Saat Anda membuka file Word 2010 di komputer sendiri atau komputer yang sudah terpasang software tersebut, maka cara merubah ekstensi filenya yaitu dengan mengklik “Save As”.

Jika sudah maka bakal keluar kotak “Save As” lalu di kolom “Save as type” pilih “Word 97-2003 Document” atau bisa juga “Rich Teks Format”.  Apabila sudah dipilih maka klik “Save” yang ada di kotak atau dialog Save As. 

Setelah itu, langkah terakhir adalah dengan mencobanya membuka file tersebut di komputer yang hanya ada Word 2007. Langkah mudah ini sudah pasti masalah tulisan yang tidak ada spasinya akan terselesaikan.

2. Cara Kedua

Jika cara pertama tanpa software, maka cara kedua menggunakan aplikasi atau software yang asli dari Microsoft Office bukan bajakan.

Namun sebenarnya tidak seluruh file dari Word 2010 dan saat dibuka di 2007 spasinya menjadi berantakan. Pasalnya, untuk yang mengalami masalah tersebut disebabkan karena versi Word 2007 yang sudah lama, sehingga tidak support file dengan format Word 2010.

Oleh karena itu, untuk komputer yang masih menggunakan Word 2007, cara mengatasinya yaitu dengan mengupgrade dari versi yang lawas ke paling baru.

Tidak sulit kok untuk mengupgrade-nya, cukup dengan mengunjungi lalu mendownloadnya The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3). Untuk mengunduhnya bisa mengunjungi di sini

Setelah masuk ke situs Microsoft, langkah selanjutnya adalah klik “download”. Maka setelah diklik secara otomatis akan mengunduh dengan sendirinya. Apabila sudah selesai download-nya, langkah selanjutnya yaitu membuka dan menginstal hasil download-nya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA