Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

cara menghilangkan kutil
Ilustrasi. Foto: net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Cara menghilangkan kutil bisa dilakukan secara alami. Tumbuhnya kutil di permukaan kulit bisa sangat menganggu penampilan. Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit, tapi kutil merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus. Kutil bahkan disebut-sebut sebagai tumor jinak. Virus penyebab kutil ini dikenal dengan nama Human Pavilloma Virus (HPV). Infeksi virus ini terjadi pada lapisan atas kulit, selain itu pertumbuhannya juga sangat cepat.

Satu hal yang harus Anda perhatikan juga bahwa keberadaan HPV pada kulit ini menyebabkan kutil sangat mudah menular pada orang-orang yang kekebalan tubuhnya sangat lemah. Semisal Anda mengalami luka pada kulit, kemudian menyentuh orang yang memiliki virus tersebut, maka Anda akan tertular HPV dan kutil akan tumbuh di kulit Anda. Selain itu, HPV penyebab kutil ini juga bisa menular lewat handuk, sisir, atau alat-alat pribadi yang digunakan bersama orang yang telah tertular virus HPV penyebab kutil.

Namun, kini Anda tak perlu khawatir, HR Online akan bagikan cara menghilangkan kutil secara alami. Walaupun cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi layak untuk dicoba karena tidak akan menimbulkan efek samping dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membasmi kutil yang bandel ini.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan kutil secara alami:

Kutil Bisa Hilang dengan Cara Dilakban

Lakban atau perekat nyatanya bisa jadi cara menghilangkan kutil secara alami. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa menghilangkan kutil dengan lakban bisa lebih efektif daripada terapi yang dilakukan oleh dokter. Caranya, Anda hanya perlu menempelkan lakban pada kutil selama 6 hari. Setelah itu, Anda bisa melapasnya dan merendam area kutil menggunakan air hangat lalu gosoklah kutil Anda.

Biarkan selama 12 jam tanpa lakban, setelah itu Anda bisa menempelkan lagi lakban pada area kutil agar sisa-sisa kutil bisa hilang. Lakukan cara ini selama satu sampai dua bulan atau hingga kutil benar-benar menghilang dari kulit Anda.

Menggunakan Bawang Putih atau Bawang Merah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih sangat efektif untuk menghilangkan kutil. Kecuali baunya yang tidak semua orang suka, cara menghilangkan kutil dengan menggunakan bawang putih ini terbukti tanpa efek samping, kecuali kulit Anda alergi terhadap bawang putih maka penggunaan bawang putih mungkin dapat menyebabkan iritasi kulit ringan. Para peneliti meyakini zat allicin yang ada dalam bawang putih merupakan antivirus yang diklaim mampu menyembuhkan kutil.

Gunakan bawang putih segar untuk menghilangkan kutil, untuk mengantisipasi apakah kulit Anda sensitive terhadap bawang putih, gosokkan terlebih dahulu bawang putih pada kulit. Jika bawang putih menimbulkan ruam atau iritasi pada kulit, maka Anda tak perlu menggunakan bawang putih segar, tetapi bisa menggunakan jus bawang putih untuk membasmi kutil.

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih ini, Anda harus membersihkan tangan terlebih dahulu, baru kemudian Anda cuci area sekitar kutil tersebut. Gunakan sabun dan air hangat, keringkan area kutil dengan handuk dari katun.

Setalah itu ambil satu suing bawang putih dan memarkan atau Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian. Barulah Anda gosokkan bawang putih yang telah dimemarkan atau yang telah dipotong pada kutil. Setelah digosok, tempelkan bawang putih di atas kutil lalu tutup dengan perban atau selotip. Pastikan Anda tidak menempelkan bawang putih pada area kulit yang tidak terkena kutil.

Sebagaimana lazimnya pengobatan kutil secara alami lainnya, maka cara ini tidak akan berhasil hanya dalam waktu singkat, untuk itu Anda perlu melakukannya setiap hari. Lakukan terus hingga 3 sampai 4 minggu. Anda bisa melihat hasilnya pada 6 atau 7 hari, biasanya kutil akan terlihat mengecil. Kutil akan terlihat berkerut ketika Anda melepas perbannya, selain itu kutil juga akan tampak lebih pucat.

Jika Anda tidak terlalu suka dengan bawang putih karena baunya yang sangat menyengat, maka Anda bisa menggunakan bawang merah untuk menghilangkan kutil. Sama seperti halnya bawang putih, Anda bisa menghaluskan bawang merah terlebih dahulu kemudian menempelkannya langsung pada kutil lalu tutup dengan perban atau selotip. Lakukan cara ini setiap hari dan ganti bawangnya dengan bawang segar lalu perban kembali dengan perban yang baru.

Hilangkan Kutil dengan Cuka

Cuka yang merupakan bahan asam asetat encer dianggap mampu memecah membran sel. Nah, lingkungan yang mengandung asam ini mampu membunuh virus. Selain itu asam juga dapat melarutkan membran sel kulit, sehingga sel-sel yang terinfeksi virus dapat dengan mudah dilepaskan dari kulit. Karena itu, cuka dipercaya bisa menghilangkan kutil yang diakibatkan virus HPV tersebut.

Caranya, rendam kapas di dalam cuka putih lalu tempelkan pada kutil. Atau Anda bisa melekatkan kapas pada kutil dengan menggunakan selotip. Anda dapat membiarkankannya dalam waktu 2 jam hingga 2 hari. Ulangi cara ini jika dirasa perlu.

Kulit Pisang Bisa Hilangkan Kutil

Kulit pisang ini mengandung beberapa zat, diantaranya beberapa enzim yang mampu memecah membran sel. Membran sel ini bisa pecah menjadi amplop virus atau virus envelope. Virus Envelope ini merupakan zat kaya protein yang menyelimuti partikel virus. Selain itu, kulit pisang juga mengandung karotenoid, yang merupakan zat yang berguna sebagai bahan sintesis pada Vitamin A. Sementara, Vitamin A sendiri memiliki efek antivirus. Karena kandungan zat ini kulit pisang dipercaya bisa menghilangkan kutil.

Caranya Anda potong kulit pisang lalu tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Tutup kulit tersebut menggunakan perban atau selotip dan diamkan semalaman. Ulangi terus hingga kutil benar-benar pergi.

Nah, itu dia cara menghilangkan kutil secara alami. Selain cara-cara di atas, satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus meningkatkan system kekebalan tubuh agar kutil tidak kembali tumbuh di permukaan kulit Anda. Untuk meningkatkan system sistem kekebalan tubuh ini, Anda cukup mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, pepaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA