Begini Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Wajah dan Sidik Jari

Cara Mengunci WhatsApp
Cara mengunci WhatsApp menggunakan wajah dan sidik jari. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),– Akhirnya, ada cara mengunci WhatsApp dengan menggunakan wajah dan sidik jari. Hal ini sebelumnya hanya sebatas rumor yang tersebar di internet. Rumor tentang fitur biometric terbaru untuk para pengguna WhatsApp tersebut telah beredar sejak akhir tahun 2018. Whatsapp kemudian resmi meluncurkan fitur biometric ini untuk para penggunanya, walaupun masih dalam bentuk beta tester.

Kelebihan fitur biometric pada WhatsApp ini memungkinkan penggunanya untuk mengunci dan membuka aplikasi WhatsApp dengan menggunakan wajah maupun sidik jari. Kelebihan lainnya, data biometric pengguna WhatsApp dijamin kerahasiaannya melalui enskripsi dan disimpan di sisi perangkat yang digunakan pengguna, tidak disimpan di server WhatsApp.

Sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan pada ponsel yang sudah memiliki Face ID atau Touch ID. Keduanya hanya ada pada platform WhatsApp untuk iOS. Fitur Touch ID yang memungkinkan pengguna untuk mengunci WhatsApp menggunakan sidik jari  diketahui hanya ada pada iPhone 8 ke bawah. Sementara fitur Face ID yang memungkinkan pengguna untuk mengunci WhatsApp menggunakan wajah hanya ada pada iPHone X, XS, XS Max, dan XR.

Sebelum mengaktifkan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus memperbaharui aplikasi WhatsApp dalam versi terbaru. Jadi Anda yang menggunakan perangkat iOS bisa memperbarui WhatsApp ke versi 2.19.20.19 melalui App Store. Pembaharuan WhatsApp versi 2.19.20.19 ini berukuran 137,7MB dan sesuai dengan model iPhone yang menjalankan iOS 8.0 atau yang lebih tinggi.

Cara mengunci WhatsApp menggunakan wajah dan sidik jari ini, pertama yang harus Anda lakukan setelah memperbarui aplikasi adalah mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini di menu Privacy WhatsApp. Anda cukup mengakses menu Settings (pengaturan), terus Anda pilih Account (akun), dan terakhir Anda pilih Privacy (privasi).

Pada laman Privacy, Anda tinggal pilih menu Screen Lock atau Kunci Layar. Pada tampilan Screen Lock Anda akan disodori pilihan untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, tergantung fitur yang ada di perangkat yang Anda gunakan. Selanjutnya Anda aktifkan toggle Require Face ID atau Require Touch ID. Itulah cara mengunci WhatsApp menggunakan wajah dan sidik jari.

Anda juga bisa mengatur jangka waktu untuk mengunci aplikasi WhatsApp secara otomatis. Jangka waktunya penguncian WhatsApp ini bisa diatur mulai dari Immediately, artinya aplikasi WhatsApp akan terkunci saat Anda meninggalkan WhatsApp sampai waktu 1 jam. Untuk membukanya kembali, Anda harus melakukan pemindaian Face ID (wajah) atau Touch ID (sidik jari). Jika pemindaian gagal saat Anda ingin membuka aplikasi WhatsApp dengan wajah ataupun sidik jari, Anda harus memasukkan Passcode iPhone Anda.

Satu hal yang menarik dari fitur ini, meskipun fitur ini terlindungi teknologi biometric, tetapi jika Anda malas membuka WhastApp, Anda bisa membalas pesan ataupun menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi Lock Screen.

Wah, menarik sekali bukan? Cara mengunci WhatsApp dengan menggunakan wajah dan sidik jadi ini memang baru bisa dilakukan melalui platform iOS, namun bagi Anda pengguna Android jangan khawatir. Seperti dikutip dari PhoneArena, fitur biometric yang memungkinkan pengguna mengunci whatsApp dengan sidik jadi juga sedang dikembangkan untuk WhatsApp versi Android. Kita tunggu saja ya! (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA