Cara Menyembuhkan Sariawan yang Dijamin Ampuh dan Tidak Perih

Ilustrasi cara mengobati sariawan. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Sementara untuk mengatasinya saat ini sudah banyak obatnya baik di apotek ataupun warung. Namun ada cara menyembuhkan sariawan yang aman yaitu dengan menggunakan bahan alami.

Untuk yang pernah mengalami penyakit mulut ini, walaupun bukan penyakit yang berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari terlebih ketika sedang makan.

Pasalnya, daerah yang terkena sariawan mengalami luka, terutama di bagian bibir, pipi, gusi ataupun lidah. Luka tersebut berbentuk lonjong yang warnanya putih/kuning dan warna merah pada sisinya.

Sementara penyebab terjadinya sariawan bermacam-macam, biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin, sistem imun yang lemah, infeksi dari virus atau bakteri. Penyakit mulut ini juga bisa diakibatkan karena trauma pada jaringan lunak mulut, yang terjadi ketika bibir atau lidah tergigit.

Seperti dibahas di atas, bahwa saat ini sudah banyak obat untuk mengobati sariawan yang bisa dibeli di apotek atau warung. Namun obat tersebut yang bisa bebentuk tetes atau oles ini biasanya akan menimbulkan rasa perih ketika dipakai.

Untuk itu, ada cara menyumbuhkan sariawan dengan menggunakan bahan alami, dan tentu tidak akan menmbuah perih. Berikut ini bahannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Lidah Buaya

Mencari tanaman yang satu ini tidak lah sulit untuk di daerah Indonesia. Lidah buaya juga banyak manfaatnya untuk kesehatan termasuk bisa mengobati sariawan, hal itu disebabkan karena adanya kandungan antibakteri di dalamnya.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, menyegarkan kulit, membuat cepat dalam proses penyembuhan serta mengurangi peradangan.

Cara menyembuhkan sariawan dengan menggunakan lidah buaya tidak lah sulit. Cukup siapkan daun lidah buaya, kemudian dicuci sampai bersih lalu getahnya atau dagingnya dioleskan ke daerah yang ada luka sariawannya. Biarkan dalam waktu sekitar 20 menit, kamudian bilas menggunakan air hangat.

2. Madu

Mangobati sariawan memakai madu sudah dilakukan sejak dulu kala. Manfaat madu bisa menjaga bibir tetap lembab. Selain itu dengan adanya sifat anti bakteri serta anti radang, maka menekan rasa perih dan lukanya pulih dengan cepat.

Bahkan menurut jurnal Quintessence International, para peneliti menganjurkan mengobati sariawan dengan menggunakan madu. Selain efektif, madu juga sangat aman untuk mengobati sariawan.

Salman bin Abdul Aziz, salah satu peneliti dari Arab Saudi menjelaskan, madu sering digunakan untuk menyembuhkan kulit yang melepuh, luka bakar sampai sariawan, karena madu mengandung anti bakteri dan anti radang. Sehingga sangat tepat, jika madu dijadikan pertolongan pertama untuk menghilangkan luka.

Madu juga mempunyai manfaat dalam merangsang regenerasi jaringan, hal tersebut disebabkan karena adanya mengandung nutrisi yaitu mineral, asam amino, glukosa dan vitamin.

Adapun cara menggunakan madu sebagai obat sariawan, yaitu dengan mengoleskan madu secukupnya menggunakan kapas kering. Kemudian taruh atau oleskan kapas tersebut tepat di bagian mulut yang terkena sariawan.

So, jika Anda terkena sariawan dan ingin cepat sembuh, maka madu adalah obat alternatif sebagai cara menyembuhkan sariawan yang paling aman dan ampuh.

3. Pisang

Selanjutnya ada buah pisang yang bisa membantu menyembuhkan sariawan. Dengan di dalamnya yang terkandung vitamin C tentu bisa berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah pisang yang sudah disiapkan tersebut dihaluskan sampai berbentuk pasta. Kemudian campurkan dengan madu lalu diaduk hingga rata. Pasta pisang yang sudah ada madunya itu dioleskan ke daerah yang terkena sariawan. Biarkan selama kurang lebih sepuluh menit, jika sudah selesai maka kumur sampai bersih.

4. Kelapa

Cara menyembuhkan sariawan memakai bahan alami bisa dengan memanfaatkan kelapa, yaitu dengan airnya atau minyak serta santan dari bahan kelapa.

Untuk air kelapa dapat dipakai untuk berkumur/meminumnya. Sedangkan minyaknya dapat dilakukan untuk kumur atau dioleskan ke daerah yang luka.

Sementara santannya bisa mengobati rasa perih akibat sariawan. Santan bisa menenangkan radang di mulut dan sangat efektif meringankan sariawan.

Caranya, siapkan santan satu sendok kemudian dicampur dengan sedikit madu, setelah itu oleskan santan+madu tersebut ke sumber sariawan. Lakukan cara tersebut 3-4 kali dalam satu hari.

5. Es Batu

Cara menyembuhkan sariawan yang sangat mudah lainnya yaitu dengan mengoleskan es batu ke daerah yang kena sariawan. Saat pertama mengoleskan rasanya akan sedikit perih dan panas, namun lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA