Diduga Akibat Puntung Rokok, Pabrik di Pangandaran Terbakar

kebakaran akibat puntung rokok
Petugas Damkar sedang berusaha memadamkan api yang membakar sebuah pabrik di Pangandaran, Sabtu (23/3/2019).

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Kebakaran kembali terjadi di Pabrik Sabut Kelapa yang terletak di Dusun Buniayu, RT 08, RW 02, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (23/3/2019). Diduga kebakaran tersebut diakibatkan karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Diketahui Pabrik Sabut Kelapa tersebut merupakan milik Rian Boned. Menurut keterangan pemiliknya tersebut, ada sekitar 5 ton sabut kelapa yang siap dijual, sehingga kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai belasan juga rupiah.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan penyebab kebakaran diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh masyarakat yang sedang melintas di area pabrik.

“Diduga ada warga yang melintas buang puntung rokok yang masih terbakar di area pabrik, ditambah cuaca panas terik dan angin cukup besar, dengan cepat api menjalar dan membakar sabut kelapa,” ungkap Nana.

BPBD Kabupaten Pangandaran menerjukan 2 unit mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di area pabrik yang terbakar. Selain itu, para pekerja juga melakukan pemadaman dengan menggunakan air dari sumur bor mesin jet pump yang ada di sekitar pabrik.

“Kami himbau masyarakat yang melintas di area pabrik sabut kelapa agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, dikarenakan cuaca yang sangat terik dan bahan material yang mudah terbakar akan membuat api muncul kembali,” pungkasnya. (Ntang/R7/HR-Online)