Dijamin Ampuh! Ini 10 Cara Mengusir Lalat di Dalam Rumah

Lalat yang hinggap di daun. Foto: Muhafid/HR

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-  Hampir sebagian besar manusia merasa terganggu dengan adanya lalat, apalagi ketika lalat hingga di makanan maupaun di rumah saat sedang santai. Bukan tanpa alasan, hewan yang masuk golongan arthropoda diketahui sering merugikan manusia lantaran menjadi biang penularan berbagai penyakit. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengusir lalat di dalam rumah agar aktivitas Anda bisa lebih nyaman dan sehat.

Sebelum itu, lalat diketahui merupakan vektor mekanis bakteri pathogen, protozoa, telur serta larva cacing. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan banyaknya penyakit yang ditimbulkan karena lalat tidak bisa ditentukan karena sangat banyak sekali.

Adapun langkah mudah untuk mengusir lalat di dalam rumah, Anda bisa menggunakan cara alami yang lebih mudah dan murah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan kimia agar lalat tak lagi masuk ke rumah.

Pertama, paling penting untuk mengusir lalat adalah dengan membersihkan lingkungan sekitar maupun di dalam rumah. Biasanya, lalat paling suka sekali hinggap di lokasi yang kotor, bau dan lainnya. Maka agar tidak mengundang lalat datang, sebaiknya sediakan tempat sampah dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sekitar rumah.

Kedua, menggunakan kipas angin. Cara ini tentu saja sangat mudah bagi Anda yang memiliki kipas angin. Langkahnya pun sangat mudah, Anda hanya meletakkan kipas angin tersebut di tempat yang mudah dihinggapi lalat. Dengan kipas angin tersebut akan mendorong lalat pergi dari lokasi yang dihinggapi. Memang cara ini cukup boros listrik karena harus terus menyala. Jika ingin lebih irit, bisa menggunakan seperlunya saja.

Ketiga, menggunakan daun kemangi. Daun ini dikenal sebagai lalaban, apalagi baunya yang sangat khas. Karena ini, lalat tidak suka dengan bau daun kemangi. Untuk menggunakannya, Anda bisa menaruh daun ini ke dalam plastik yang diisi air dan diletakkan di tempat yang rawan dihinggapi lalat. Selain bisa jadi pengusir lalat, daun ini juga bisa jadi pewangi ruangan alami.

Keempat, daun cengkih. Hampir sama dengan kemangi, daun ini juga memiliki aroma yang khas dan membuat lalat tidak betah. Meski cukup sulit dicari, namun daun ini cukup ampuh untuk mengusir lalat.

Kelima, minyak kayu putih. Lalat memiliki karakter tidak suka terhadap bau-bau tertentu, termasuk terhadap bau minyak kayu putih. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal menuangkan secukupnya ke tempat yang rawan dihinggapi lalat.

Keenam, menggunakan daun pandan. Seperti bahan sebelumnya sebagai pengusir lalat, aroma daun pandan juga tidak disukai lalat. Sehingga bahan ini cukup ampuh untuk mengusirnya. Penggunaannya pun sangat mudah, hanya diiris kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam wadah berisi air, niscaya lalat akan kabur. Selain itu, Anda juga bisa menanam daun pandan di sekitar rumah agar lalat tidak betah.

Ketujuh, menggunakan bunga lavender. Aroma dari bunga ini memang sangat khas sekali dan tidak disukai oleh berbagai jenis serangga, seperti nyamuk maupun lalat. Makanya ini sangat ampuh untuk mengusirnya. Hanya dengan mencingcang dan memasukkan ke dalam air, lalat akan kabur dengan sendirinya. Jika sulit mencari bunga ini, Anda bisa mencari semprotan kimia yang mengandung aroma lavender, bisa juga obat nyamuk lavender.

Kedelapan, lem lalat. Anda bisa menggunakan cara ini dengan mudah, hanya dengan meletakkan lem lalat di tempat yang sering dihinggapi, maka lalat pun akan terjebak. Untuk mencarinya, Anda bisa membeli di toko yang menyediakan lem ini, biasanya harganya cukup terjangkau.

Selanjutnya menggunakan lemon. Seperti cara sebelumnya, Anda bisa mengiris lemon yang kemudian diletakkan di dalam wadah yang berisi air. Dengan aroma yang menyengat ini, maka lalat tidak akan betah dan kabur.

Terakhir, bisa menggunakan raket listrik pembunuh nyamuk. Memang menggunakan alat ini sangat mudah, hanya dengan memencet tombol, serangga yang hinggap pasti akan mati seketika. Namun, Anda harus telaten mengejar lalat ataupun nyamuk.

Dari beberapa langkah di atas, paling penting agar rumah tetap bersih dari lalat adalah dengan terus menjaga kebersihan secara terus menerus, tidak buang sampah sembarangan serta tidak menumpuk sampah. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA