Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Sabtu-Minggu

Pelayanan Disdukcapil Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Disdukcapil Ciamis membuka layanan di hari libur, Sabtu dan Minggu. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan bagi wajib KTP Elektronik yang belum melakukan perekaman.  

Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan Disdukcapil Ciamis, Agus Setiadi, ketika ditemui Koran HR, Selasa (12/03/2019), menyebutkan, pertanggal 28 Februari 2019, sebanyak 121.632 dari total 1.083.452 orang wajib KTP Elektronik belum melakukan perekaman.

“Kami (Disdukcapil) terus berusaha memberikan pelayanan terbaik, jemput bola dan bekerja pada hari Sabtu dan Minggu. Pelayanan ini untuk mengoptimalkan hak pilih mayarakat pada April nanti,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Ciamis, Rusli, ketika ditemui Koran HR, Selasa (12/03/2019), pihaknya juga menggunakan sistem jemput bola untuk mempercepat perekaman KTP Elektronik.

“Setiap hari, kami menggunakan dua kendaraan pelayanan, berkeliling ke wilayah-wilayah yang belum terjamah atau sesuai permintaan dari desa, melakukan perekaman KTP Elektronik. Insyaalloh dengan ini, mudah-mudahan warga Ciamis bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu mendatang,” katanya.

Rusli menegaskan, pihaknya optimis warga Ciamis bisa melakukan perekaman KTP Elektronik, dengan angka terget minimal 85 persen. Dia mengakui, upaya lain yang dilakukan Disdukcapil untuk memenuhi target itu yakni membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Sabtu dan Minggu tidak libur, tetap membuka layanan perekaman KTP Elektronik. Meski tidak ada lembur atau honor tambahan, kami lakukan percepatan ini sampai Bulan April. Alhamdulillah, rata-rata 200 warga perhari melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil,” katanya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA