Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita CiamisDisnaker Ciamis Gelar Pelatihan Kerja Gratis

Disnaker Ciamis Gelar Pelatihan Kerja Gratis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),  –  UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan kerja gratis di Balai Latihan Kerja, Jalan Raya Cijantung No. 24, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Pelatihan kerja ini dilaksanakan selama 20 hari dan diikuti oleh 87 peserta.

“Untuk mengikuti pelatihan ini tidak dipungut biaya seperser pun alias gratis, karena gratis ini antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga sebelum melakukan pelatihan kami melakukan seleksi terlebih dahulu kepada para peserta,” kata Yudy Hernadi, Plt Kepala UPTD KLK Disnaker Ciamis pada HR Online, Rabu (20/3/2019).

Yudy juga menerangkan pelatihan kerja gratis yang diselenggarakan UPTD KLK Disnaker Ciamis ini merupakan program Balai Latihan kerja Provinsi, tujuannya untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

“Ada beberapa keterampilan yang kami berikan untuk peserta, di antaranya, service sepeda motor, pelatihan tata rias, pelatihan menjahit, pelatihan processing hasil pertanian, pelatihan bordir, pelatihan komputer, pelatihan budidaya jamur tiram dan pelatihan budidaya ikan lele,” terangnya.

Menurut Yudy, setelah 20 hari mengikuti pelatihan kerja, para peserta akan diuji oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk memberikan penilaian langsung, nantinya para peserta mendapatkan Sertifikat Pelatihan Keterampilan sesuai pelatihan yang mereka ikuti.

“Alhamdulilah setiap tahunnya para peserta bisa kami salurkan ke perusahan-perusahaan di setiap bidangnya, ada juga yang membuka usaha-usaha kecil  di rumahnya masing-masing seperti menjahit,” tuturnya.

Yudi berpesan pada masyarakat Ciamis bilamana ingin mengikuti pelatihan bisa langsung datang ke Balai Latihan Kerja. Karena pelatihan kerja gratis ini dibuka setiap bulan.

“Langsung daftar saja ke Balai Latihan Kerja, pelatihan kerja ini gratis, tidak dipungut biaya apapun, malah nanti kami beri uang transport. Cukup bawa KTP dan foto 3×4 serta mengisi formulir yang kami sediakan,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

- Advertisment -