Doyan Makan Kulit Ayam? 3 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu

Doyan Makan Kulit Ayam? 3 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Makan kulit ayam, apalagi kulit ayam goreng, dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Semua bagian tubuh ayam bisa disantap, mulai dari kepala, leher, kaki/ceker sampai kulitnya.

Ada yang beranggapan tak masalah menyantap kulit ayam. Tapi, ada juga efek samping yang muncul akibat kulit ayam, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/03/2019), berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang muncul akibat mengonsumsi kulit ayam;

Dongkrak Kadar Kolesterol

Kolesterol yang terkandung dalam kulit ayam totalnya sebanyak 132 miligram per 100 gram sajian. Sementara, kandungan lemak totalnya sebanyak 43,99 gram. Banyaknya kolesterol dan lemak yang masuk ke tubuh tergantung dari bagian ayam yang disantap. Dada ayam paling rendah kolesterol, yakni sekitar 86 miligram per 100 gram sajian.

Bukan hanya itu, cara memasak juga turut mempengaruhi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Seperti halnya dada ayam goreng tepung mengandung 85 miligram kolesterol. Sedangka, bila dimasak dengan cara dipanggang menjadi 84 miligram, dan direbus tanpa kulit menjadi 77 miligram.

Kadar kolesterol akan semakin tinggi saat ayam digoreng, apalagi dengan tepung, termasuk bagian kulitnya. Menyantap kulit ayam terlalu banyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan, yang mana tubuh akan dibayangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya untuk menjaga kesehata sel, tubuh juga memerlukan kolesterol. Tetapi, jika terlalu banyak kolesterol maka akan timbul plak yang bisa menutup arteri. Sebagai informasi bahwa kadar kolesterol yang normal di bawah angka 200 mg/dL.

Ririko Gangguan Pencernaan

Menyantap kulit ayam juga bisa berisiko menimbulkan masalah pencernaan. Sebab, bagian kulit ayam bisa saja mengandung bakteri campylobacter jejuni. Infeksi akibat dari bakteri tersebut dapat menimbulkan penyakit Campylobacteriosis.

Orang yang terjangkit penyakit tersebut akan mengalami kram, diare, sakit perut dan demam selama 2-5 hari. Selain itu, kulit ayam yang tidak bersih bisa mengandung bakteri Salmonella penyebab tyfus.

Tinggi Kalori

Mengonsumsi ayam dengan kulitnya bisa menambah asupan kalori tubuh. Apalagi jika diolang dengan cara digoreng tepung. Proses seperti ini membuat minyak masuk ke dalam ayam semakin banyak.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melaporkan, satu cangkir dada ayam yang dimasak tanpa kulit mengandung 231 kalori. Sementara, dada ayam yang masak dengan kulitnya mengandung 276 kalori. Sedangka untuk lemak, dalam 1 ons sajian/28,3 gram kulit ayam mengandung 3 gram lemak jenuh.

Untuk itu, American Heart Association menyarankan agar konsumsi lemak jenuh 5-6 persen dalam diet total harian. Bila total kalori harian sebanyak 2000 kalori, maka total lemak jenuh harus 13 gram. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA