DPUPRP Ciamis Agendakan Perbaikan Jalan Wilayah Perkotaan

Ilustrasi perbaikan jalan. Foto: Dok/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis kembali merencanakan perbaikan jalan wilayah perkotaan. Upaya itu dimulai dengan melakukan pengukuran jalan yang akan diperbiki dengan aspal hotmix.

Kepala DPUPR Ciamis, Kusdiana, didampingi Sekertaris, Taufik Gumelar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (26/02/2019), membenarkan, memasuki anggaran tahun 2019 ini pihaknya kembali melakukan pemeriksaan kondisi jalan di wilayah perkotaan Ciamis.

“Banyak wilayah jalan perkotaan Ciamis yang saat ini kondisinya rusak, sehingga perlu ada perbaikan. Selain kondisi rusak, pihaknya juga akan meneruskan perbaikan jalan perkotaan yang belum diperbaiki, seperti jalan Benteng,” ungkapnya.

Kusdiana menuturkan, ada beberapa ruas jalan perkotaan yang kondisinya harus mendapatkan perbaikan. Diantaranya seperti jalan Iwa Kusuma Soemantri, mulai dari jalur Stadion Galuh Ciamis, jalur Pasar Manis hingga ke depan Islamic Center.

Menurut Kusdiana, saat ini pihaknya sedang melakukan pengukuran jalan. Meski pihaknya sudah melakukan pengukuran, namun tetap akan memprioritaskan yang memang sudah masuk optimalisasi perbaikan.

“Anggaran rencana perbaikan sekitar Rp 20 miliar untuk rehab jalan hotmix perkotaan Ciamis dan jalur angkot. Anggaran ini bersumber dari Bantuan Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan, lanjut Kusdiana, semuanya sedang disusun dan direncanakan. Tujuannya agar perbaikan bisa berjalan dengan baik. Dan targetnya, sekitar pada Bulan Mei atau Juni tahun 2019 pekerjaan bisa dilaksanakan.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR Ciamis, Okta Jamal, menjelaskan, untuk wilayah jalur perkotaan yang akan diperbaiki tidak akan semunya, melainkan menyesuaikan anggaran yang ditetapkan.

“Meski semuanya kita lakukan pengukuran, namun tentu kita juga menyesuaikan anggaran, sehingga pastinya ada jalan yang sudah diukur tapi tidak masuk dalam perbaikan anggaran murni tahun 2019,” katanya.

Okta menjelaskan, jalan yang sudah dilakukan pengukuran meliputi, jalan Koperasi, jalan Iwa Kusumasomantri, jalan Pasar Banagara, jalan Lingkar Sindangrasa-Cibereum, jalan Karang Mawar, jalan Tunjung Sari, jalan Kaum dan Jambansari, jalan Dewasari (jalur angkot) dan jalan Benteng. (Es/Koran HR)