Eks Bangunan Belanda di Ciamis Ini Masih Berdiri

Sejumlah eks bangunan jaman penjajahan Belanda di wilayah Cipaku, Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah eks bangunan jaman penjajahan Belanda di wilayah Nusantara masih berdiri tegak. Eks bangunan Belanda itu diantaranya berada di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Kaur Kesra Desa Mekarsari, Diding, ketika ditemui Koran HR, Minggu (03/03/2019), membenarkan keberadaan sejumlah eks bangunan Belanda di wilayah tersebut.

Diding menyebutkan, eks bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri di wilayah Mekarsari diantaranya berupa tiang dan tabung besar yang terbuat dari tembok. 

“Peninggalan Belanda itu berupa 17 tiang dan satu tabung besar dari tembok setinggi 6 meter. Peninggalan sejarah itu lokasinya berada di tanah negara,” katanya.

Menurut cerita orang, kata Diding, tujuh belas tiang tembok itu merupakan penyangga talang air yang berasal dari Bendungan Cipisitan. Air dari bendungan itu digunakan untuk memutarkan kincir. Sedangkan listrik yang dihasilkannya digunakan untuk kebutuhan pabrik karet.

Lebih lanjut, Diding mengungkapkan, keberadaan tiang dan tabung itu kini sudah tidak berfungsi. Tapi, menjadi salah satu bukti peninggalan kolonial Belanda. Peninggalan Belanda yang masih dirasakan manfaatnya sampai saat ini adalah saluran Cipisitan.

“Saluran itu sekarang digunakan untuk kebutuhan pengairan sawah warga,” katanya.

Oman, warga sekitar, ketika ditemui Koran HR, mengatakan, peninggalan kolonial Belanda berupa tiang dan tabung dari tembok itu kedepan bisa dijadikan bahan kajian oleh sejarawan. 

“Generasi muda bangsa bisa mengetahui bahwa Dusun Cicurug Mekarsari pernah diduduki kolonial Belanda,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA