Facebook Luncurkan Menu Facebook Gaming Buat Penggemar Game

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Facebook mulai meluncurkan dedicated tab atau pintasan khusus menu Facebook Gaming. Menu ini sebagai upaya guna mempermudah penggemar dan penikmat game pada layanan tersebut, tanpa harus repot mengakses dulu menu lain.

Diangkum dari berbagai sumber, Jum’at (15/03/2019), dalam keterangan resminya pihak Facebook mengatakan, melalui menu Facebook Gaming, penggemar game di Facebook bisa dengan mudah menemukan dan terhubung dengan permainan favorit mereka, grup, streamer, atau hal lainnya yang berbau game.

Tab gaming itu dapat ditemukan pada tampilan utama Facebook dengan ikon persegi, letaknya tepat di sebelah ikon lonceng notifikasi. Dengan mengklik ikon itu, pengguna bisa menikmati berbagai konten yang berbau gaming, seperti gameplay, nonton live steaming, atau berita dari industri game.

Selain itu, pengguna juga bisa bergabung dengan sejumlah grup Facebook yang berdiskusi mengenai berbagai game favorit mereka. Ada juga konten “Instant Games”, di mana pengguna dimungkinkan untuk memainkan game, misal game jenis board seperti Words With Friends langsung dari linimasa tab gaming Facebook.

Namun, untuk saat ini dedicated tab itu hanya akan muncul pada aplikasi Facebook terbaru di lebih dari 700 juta pengguna, yang mana dalam setiap bulannya mereka selalu aktif menikmati konten game di aplikasi Facebook.

Sedangkan, bagi pengguna lainnya, Facebook bakal meluncurkan tab gaming secara perlahan dalam beberapa waktu ke depan. Meski demikian, pengguna tetap bisa menemukan tab gaming ini pada menu “Bookmark” Facebook yang dapat diakses melalui ikon “tiga garis horizontal”, letaknya ada di bagian kanan atas pada tampilan aplikasi Facebook.

Klik ikon tersebut, lalu geser menu ke bawah, dan pilih menu “See more”, kemudian pilih menu “Gaming”. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kemudian pengguna akan disodorkan tampilan linimasa tab gaming Facebook.

Tak hanya itu, Facebook juga dikabarkan tengah melakukan uji coba untuk mewujudkan tab gaming tersebut menjadi sebuah aplikasi stand-alone yang terpisah dengan aplikasi Facebook.

“Kami terus melakukan uji coba aplikasi Facebook Gaming versi beta yang nantinya akan  berdiri sendiri menjadi aplikasi Android. Versi ini mencakup lebih banyak fitur dibandingkan dengan tab gaming Facebook,” jelas pihak Facebook.

Namun sayangnya tidak disebutkan fitur apa saja yang nantinya akan ada pada aplikasi Facebook tersebut. Pasalnya, aplikasi itu kini masih dalam tahap uji coba. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA