Fitur Terbaru Instagram: Posting Foto dan Video ke Beberapa Akun Sekaligus

Fitur Terbaru Instagram
Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Bagi Anda yang memiliki beberapa akun Instagram untuk kepentingan bisnis atau lainnya, mungkin sering repot ketika akan mengunggah atau posting foto maupun video yang sama ke akun-akun tersebut. Kini Anda tak perlu ribet lagi, karena fitur terbaru Instagram memungkinkan penggunanya mengunggah foto atau video ke beberapa akun yang berbeda dalam satu waktu.

Tidak sedikit dari pengguna Instagram yang gemar mengunggah berbagai konten di Instagram mempunyai lebih dari satu akun untuk beberapa kepentingan, dari mulai akun pribadi, akun jualan yang dipisahkan dari akun pribadi, hingga akun khusus yang dibuat untuk stalking akun-akun instagram pengguna lain. Fitur teranyar dari Instagram ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto maupun video di akun-akun yang dimiliki para penggunanya.

Menurut penjelasan Instagram, fitur tersebut bertujuan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk orang-orang yang kerap mengunggah foto atau video di akun yang berbeda-beda. Karena selama ini, pengguna Instagram yang ingin mengunggah foto atau video di akun yang berbeda pasti membutuhkan banyak waktu dan juga kuota. Alasannya, karena pengguna harus log in satu per satu di beberapa akun tersebut dan harus mengulang proses pengunggahan mulai dari awal lagi.

Sayangnya, dikutip dari Tech Crunch, fitur ini baru tersedia di platform iOS. Instagram sendiri belum berkomentar banyak terkait fitur ini. Sehingga belum bisa diketahui apakah fitur ini akan tersedia di android atau platform lainnya. Selain itu, fitur ini juga baru rilis di Instagram non-bisnis, padahal fitur ini nampaknya bisa lebih berguna bagi para pelaku bisnis untuk memudahkan promosi produk-produknya di Instagram.

Selain itu bagi para influencer maupun buzzer yang mempunyai penggemar dengan berbagai latar belakang, fitur ini akan memudahkan mereka untuk membagikan konten-kontennya  di beberapa akun sekaligus tanpa perlu repot log in satu persatu. Selain itu, akan menarik apabila fitur ini disematkan juga pada Instagram Stories, sayang pihak Instagram belum mau berkomentar banyak mengenai hal ini.

Cara untuk mengunggah foto ataupun video sekaligus di beberapa akun ini sangatlah mudah. Anda cukup melakukan tahapan biasa ketika mengunggah foto ataupun video, tetapi ada beberapa langkah tambahan sebelum Anda mempublikasikannya. Sebelum Anda mempublikasikan unggahan, fitur ini akan muncul di bawah pilihan “tambahkan lokasi”. Tepatnya akan muncul beberapa akun-akun yang Anda biasa log in di perangkat yang sama pada bagian Post to Other Accounts. Untuk mengunggah foto ataupun video di beberapa akun sekaligus, Anda cukup memilih akun mana yang ingin unggahannya sama dengan cara menggeser tombol di sebelah nama akun-akun tersebut.

Selain fitur terbaru Instagram tersebut, akhir-akhir ini, Instagram juga dikabarkan tengah menguji beberapa fitur baru. Baru-baru ini tersebar kabar Instagram sedang melakukan uji coba shortcut yang akan memudahkan pengguna Instagram di Android mengimpor foto yang berasal dari Google Photos.

Shortcut ini akan muncul di antara preview unggahan dan galeri album foto. Informasi ini dikonfirmasi oleh pihak Instagram. Namun, Instagram menegaskan bahwa timnya hanya menguji coba shortcut ini pada Android untuk penggunanya yang akan mengunggah foto ke feed Instagram dari Google Photos. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Instagram tetapi pilihannya tersembunyi dibalik beberapa tahap. Kini Instagram berusaha meningkatkannya agar bisa lebih mudah digunakan oleh penggunanya.

Selain dua fitur terbaru instagram tersebut, aplikasi yang populer karena fitur bagi foto dan video ini juga dikabarkan sedang melakukan uji coba akun khusus untuk memudahkan para influencer di Instagram.

Sebelumnya, diketahui Instagram juga sudah menyematkan teknologi yang disebut machine learning pada beberapa platform. Fitur ini berguna untuk memberantas komentar negatif yang tidak diinginkan muncul di platform.

Tidak semua fitur terbaru Instagram diterima oleh penggunanya. Diketahui beberapa pembaruan yang dilakukan Instagram sempat menimbulkan keributan para pengguna, salah satunya pada akhir Desember 2018, beberapa pengguna Instagram protes karena perubahan cara melihat timeline yang memaksa pengguna harus menggeser ke kanan dan ke kiri. Cara ini dinilai para pengguna sangat merepotkan. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA