Jelang Pemilu 2019, Pemdes di Pangandaran Lakukan Koordinasi

Pemilu 2019
Peserta sosialisasi dan koordinasi yang digagas Pemdes Cisarua, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran jelang Pemilu 2019, Rabu (20/3/2019). Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa (Pemdes) Cisarua menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan koordinasi menjelang Pelaksanaan Pemilu 2019, di Aula Desa Cisarua, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Koordinasi tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Relawan Demokrasi dan Penyelenggara Pemilu serta Pengurus Partai Politik tingkat Desa Cisarua, Rabu (20/03/2019).

Kegiatan yang digagas oleh Pemdes Cisarua tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Desa untuk mewujudkan Pelaksanaan Pemilu yang kondusif, aman dan lancar, khususnya di wilayah Desa cisarua.

Kasi Pemerintahan Desa Cisarua Dedi Kusmana dalam sambutanya mengatakan Pemilu merupakan kegiatan atau hajat masyarakat, maka dengan itu Pemilu harus dilaksanakan dan dijalankan dengan penuh suka cita dan kebersamaan. “Khusus bagi kita masyarakat Desa Cisarua, saya menghimbau, agar pelaksanaan Pemilu 2019 ini betul-betul bisa dilaksankaan dengan tertib, aman dan kondusif,” kata dia.

“Tidak boleh ada intimidasi, arogansi apalagi hal-hal yang sifatnya melanggar norma dan hukum. kita harus sadar bahwa hakikat kita adalah sodara, tidak boleh hanya karena perbedaan pilihan kemudian kita jadi terkotak-kotak bahkan menimbulkan permusuhan di antara kita,” lanjutnya.

Sementara salah seorang Relawan Demokrasi, Apep Jasmani mengatakan ada perubahan dalam beberapa hal dalam Pemilu 2019 ini, diantaranya untuk pemilu 2019 terdapat 5 jenis kertas suara. “Pemilu tahun 2019 ini terdiri dari pemilihan untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten serta DPD RI,” ujarnya.

Ketua PPS Desa Cisarua, Syarif Hidayatulloh menambahkan agar semua komponen Pemilu bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai dan aman, dengan cara semua pihak menjalankan tupuksinya masing-masing.

“Penyelengara Pemilu baik itu PPS, KPPS, PPD maupun PTPS harus menjaga netralitas dalam Pemilu 2019, agar Pemilu berintegritas bisa kita wujudkan,” pungkasnya. (Aceng/R7/HR-Online)