Jembatan di Selasari Ciamis Ini Kondisinya Sempit dan Rusak

Sekretaris Desa Selasari, Herman, sedang menunjukan jembatan yang kondisinya sempit dan rusak. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Jembatan yang berada di jalan kabupaten, tepatnya di depan Kantor Pemerintah Desa Selasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, kondisinya sempit dan rusak. Meski belum pernah terjadi kecelakaan, warga berharap agar jembatan itu diperlebar.

Sopyan, warga setempat, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, menuturkan, jembatan tersebut dibangun pada tahun 1980 atau sebelum Desa Selasari dimekarkan.

Menurut Sopyan, wajar jika jembatan itu sekarang kondisinya rusak. Soalnya, usia jembatan itu sudah lumayan tua. Diakui Sopyan, belum pernah ada kecelakaan yang terjadi di jembatan tersebut. 

“Tapi kami berharap, jembatan yang sekarang memiliki lebar 2 meter itu diperbaiki. Kalau bisa, jembatan itu diperlebar. Soalnya, jika mobil dan motor berpapasan, salah satunya harus mengalah,” katanya.

Sekretaris Desa Selasari, Herman, membenarkan kondisi jembatan yang sempit dan rusak itu. Menurut dia, jika dilihat sepintas, kondisi jembatan terbilang baik.

“Tapi jika dilihat dari bagian bawah, kondisi jembatan sudah sangat memprihatinkan. Jika tidak segera diperbaiki, kemungkinan jembatan itu ambruk sangat besar. Apalagi banyak kendaraan bermauatan berat yang melintas,” katanya.

Kepala Desa Selasari, Saepudin, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, menyebutkan bahwa jembatan tersebut berada di jalur kabupaten. Selain jembatan itu perlu diperlebar, tebing di sepanjang jalan tersebut juga perlu dibangunkan TPT (tembok penahan tebing).

“Sebab, sudah terjadi longsoran. Dan untuk pembuatan TPT jalan, sudah kami usulkan ke Pemerintah Kabupaten Ciamis. Tinggal menunggu realisasinya saja. Sedangkan perbaikan jembatan, masih dalam pembahasan,” katanya. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA