Langkaplancar Juara Umum Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Pangandaran

Penutupan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-3 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Pangandaran, Rabu (27/2/2019). Foto : Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kecamatan Langkaplancar berhasil mempertahankan juara umum Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-3 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Pangandaran, yang digelar 26 sampai 27 Februari 2019.

Piala juara umum Seleksi Tilawatil Qur’an ini, diserahkan langsung oleh Plh Sekda, Suheryana kepada Camat Langkaplancar.

Suheryana mengatakan, bahwa STQ kali ini harus menjadi acuan kedepanya. “Dengan berakhirnya STQ ini, hendaknya menjadi acuan untuk pelaksanaan STQ dimasa yang akan datang,” katanya.

Kepada para pemenang lomba, dirinya berpesan, agar terus meningkatkan kemampuan dan prestasi. Sementara untuk yang belum juara, supaya terus belajar dan berusaha, sehingga pada kesempatan berikutnya dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Dia menambahkan, bukan masalah menang atau kalah, yang penting hasil dari kegiatan ini adalah mampu memahami, menghayati dan mengamalkan Al Quran.

”Yang terpenting adalah tumbuhnya kesadaran dan semangat untuk mempelajari kandungan Al Quran. Karena hakikat dari kegiatan ini adalah bagaimana kita mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari hari,” ucapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Agus Amsar mengatakan, penilaian yang dilaksanakan oleh dewan hakim telah melalui proses yang objektif adil dan independen.

Harapannya, dengan digelarnya STQ dapat meningkatkan rasa cinta terhadap Al Quran sebagai way of life atau pedoman hidup tidak hanya pada momen STQ saja. “Namun dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari hari,” katanya.

Sementara itu, Sekmat Langkaplancar, Supratman mengucapkan syukur alhamdulilah setelah Langkaplancar masih bisa mempertahankan sebagai juara umum Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten.

“Kecamatan Langkaplancar sudah tiga tahun terahir selalu mejadi juara umum, semoga tahun berikutnya bisa mempertahankannya. Dan saya berharap nanti yang akan maju ke tingkat provinsi, dapat hasil yang maksimal dan jadi yang terbaik,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Tatang Mulyana, Kasi Bimas Islam mewakili Kakemenag, para camat, para sekmat selaku ketua LPTQ Kecamatan, Dewan Hakim, dan kafilah STQ.

Berikut pemenang lomba Seleksi Tilawatil Qur’an ke 3 tingkat Kabupaten Pangandaran tahun 2019 :

MTQ ANAK- ANAK
Juara 1 putra, Muhamad Nazmi Mubarok (Langkaplancar),
Juara 1 putri , Fina Sidqiyah (Cijulang)

MTQ DEWASA.
Juara 1 putra, Agus muhyanti (Cigugur)
Juara 1 putri, Ai Nurhalifah (Cijulang)

MHQ 1 JUZ DAN TILAWAH
Juara 1 Rifqi Ahmad Mubarok (Langkaplancar)

MHQ 5 JUZ DAN TILAWAH
Juara 1 putra, Miftah Farid (Langkaplancar)
Juara 1 Putri, Fathimatu Zahra (Langkaplancar)

MHQ 10 JUZ DAN TILAWAH
Juara 1 putra, Ilham Riyadi (Kalipucang)

MHQ 20 JUZ
Juara 1 putra, Adib Kholik Rosyid (Langkaplancar)
Juara 1 putri, Rani (Cigugur)

MHQ 30 JUZ
Juara 1 putri , Isni Lokananti (Cimerak)

PAWAI TA’ARUF
Juara 1, Kecamatan Kalipucang.
Juara 2, Kecamatan Parigi.
Juara 3, Kecamatan Langkaplancar.

(Ceng/R5/HR-Online)