Lewat Mini Galeri, Dispar Ciamis Perkuat Identitas

Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis disulap menjadi mini galeri berbagai koleksi miniatur. Mini galeri dibangun di bagian tengah dan lobi kantor. Mini galeri itu digagas oleh Kabid Destinasi Budi Kurnia. Foto : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis disulap menjadi mini galeri berbagai koleksi miniatur. Mini galeri dibangun di bagian tengah dan lobi kantor. Mini galeri itu digagas oleh Kabid Destinasi Dispar Ciamis, Budi Kurnia.

Dari pantauan Koran HR, saat di pintu masuk pengunjung disuguhkan baliho besar yang memperlihatkan berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Kemudian di bagian tengah, terdapat satu set gamelan komplit yang bisa dimainkan.

Pada dinding dan sudut ruangan, tersimpan berbagai koleksi miniatur dan cinderamata khas buatan asli Ciamis. Sedikitnya ada 7 bagian rak yang menyimpan berbagai miniatur. Diantaranya, miniatur Bebegig, perahu Situ Panjalu, Ebeg atau Kuda Lumping, miniatur Gong Perdamaian di Karangkamulyan, Wayang, Domba Panjalu dan Batik Ciamis.

Kabid Destinasi Dispar Ciamis, Budi Kurnia, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (18/03/2019), menuturkan, mini galeri tersebut dibuat untuk menunjukan identitas kantor Dinas Pariwisata.

“Jadi Dinas Pariwisata ini harus muncul, harus terasa betul-betul bahwa kantor ini bergerak di bidang wisata. Harus mencerminkan wisata, atmosfirnya,” kata Budi.

Budi menjelaskan, pada galeri tersebut disimpan berbagai cinderamata, produk unggulan dan miniatur khas dari Kabupaten Ciamis. Mini galeri ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa datang ke kantor Dinas Pariwisata meski hanya untuk melihat-lihat dan foto-foto.

“Ada juga kunjungan mahasiswa praktik. Disini mereka foto-foto. Masyarakat juga silahkan datang kalau ingin tahu Ciamis. Jadi setelah tahu disini, mungkin bisa datang langsung ke lokasi wisatanya,” katanya.

Budi mengaku akan terus menambah koleksi di mini galeri tersebut, supaya lebih menarik dilihat dan tidak membosankan. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA