Makan Telur Bikin Bisulan, Mitos atau Fakta?

Makan Telur Bikin Bisulan
Makan telur bikin bisulan, benarkah? Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sudah sejak lama terdengar bahwa makan telur bikin bisulan. Salah satu cerita tentang kesehatan ini diwariskan terus menerus dari para orang tua pada anak-anaknya. Namun, benarkah makan telur bisa menyebabkan bisulan?

Baca Juga: Makan Telur Berlebih Bikin Cepat Mati

Perlu diingat telur ini adalah makanan sehat yang bisa juga mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam satu butir telur terdapat kandungan vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Walau begitu, penelitian terbaru menunjukkan jika makan telur 3-4 butir dalam seminggu berisiko terkena penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah serta disebut-sebut sebagai penyebab kematian dini. Lalu apakah makan telur bikin bisulan juga? Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Bisul

Bisul sendiri merupakan salah satu infeksi kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Jika Anda terkena bisul, awalnya akan timbul ruam kemerahan yang sakit ketika Anda menyentuhnya. Ruam kemerahan tersebut lama-lama akan berkembang menjadi benjolan keras yang penuh dengan nanah. Jika bisulnya parah, benjolan ini akan jadi sebesar bola pingpong.

Pada dasarnya bisulan akan terjadi di daerah mana saja di bagian tubuh Anda, terutama di daerah berambut yang sering berkeringat dan sering bergesekan kulit antar kulit. Sehingga, bisul ini kerap muncul di leher, ketiak, bokong, punggung, hingga selangkangan.

Bakteri penyebab bisul ini dinamakan Staphylococcus Aureus, bakteri ini hidup dalam hidung dan tenggorokan. Kulit sebagai salah satu pertahanan kekebalan tubuh, sehingga jika rusak karena tergores atau tertusuk akan jadi pintu masuk bakteri, salah satunya bakteri penyebab bisul ini yang bisa menginfeksi kulit di sekitarnya. Infeksi juga bisa berasal dari rambut yang tumbuh dalam kulit, kulit yang terinfeksi ini bisa bernanah akibat kacaunya kerja system imun tubuh.

Pada dasarnya siapa saja bisa terkena bisulan, Namun, orang yang punya penyakit tertentu atau sedang mengonsumi obat yang melemahkan system kekebalan tubuh rentan kena bisulan, misalnya orang dengan penyakit diabeter ataupun penderita gagal ginjal. Selain itu, orang yang sudah tua umumnya memiliki system kekebalan tubuh yang rendah, begitupun mereka dengan penderita HIV, rentan kena bisulan karena lemahnya system kekebalan tubuh.

Benarkah Makan Telur Bisa Bikin Bisulan?

Di atas sudah dijelaskan bahwa penyebab bisul adalah Staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit. Sehingga anggapan bahwa makan telur bisa bikin bisulan bisa dibilang hanya mitos belaka. Tetapi, beberapa makanan diketahui memang memicu jerawat batu atau jerawat kistik yang ciri-cirinya mirip dengan bisul.

Makanan atau minuman yang mengandung gula misalnya bisa membuat kulit jadi bermasalah. Makanan tinggi gula ini bisa meningkatkan kadar gula darah. Gula darah tinggi maka produksi minyak pun akan berlebih, minyak berlebih inilah yang kemudian menyebabkan terjadi jerwat mistik. Hal sama terjadi pada makanan berlemak.

Bagaimana dengan telur? Telur yang biasa Anda konsumsi kaya akan kandungan protein. Ketika Anda makan telur berlebih, maka kandungan protein dalam tubuh akan meningkat, sehingga otomatis kadar insulin juga akan meningkat dan memicu terjadi peradangan. Peradangan inilah yang kemudian akan memicu produksi kelenjar minyak berlebih yang juga mengundang bakteri kotor penyebab jerawat maupun bisul.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan telur yang dihasilkan oleh unggas golongan non-organik atau telur dari ayam yang telah disuntikkan antibiotic. Hal ini bisa membuat hormon alami Anda terganggu dan menjadi kurang stabil. Ketidakseimbangan hormon dalam tubug bisa menimbulkan kelenjar minyak sehingga jadi tak terkendali, akibatnya jerawat pun akan timbul, bahkan di tempat-tempat yang membuat Anda kurang nyaman, seperti di bokong atau selangkangan. (Ndu/R7/HR-Online).