Masih Dikelola Pemdes, Pantai Madasari Pangandaran Sepi Pengunjung

Pantai Madasari Pangandaran
Pantai Madasari Pangandaran relatif sepi pengunjung. Foto: HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin mengatakan Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak masih dikelola Pemerintah Desa, bukan oleh Pemerintah Daerah.

”Iya, Pantai Madasari masih dikelola desa, Pemkab Pangandaran hanya mengelola Pantai Pangandaran, Batu Karas, Batu Hiu, Batu Karas, dan Green Canyon,” kata Undang, Sabtu (23/3/2019).

Pantai yang terletak di Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak ini memiliki pemandangan indah yang tak terlalu jauh berbeda dengan tempat wisata lain yang ada di Pangandaran. Menurut Undang, pengelolaannya sempat mau diambil oleh oleh Pemkab Pangandaran. ”Itu juga sempat mau diambil alih, tapi belum ada izin dari Pak Bupati,” ujarnya.

Selain memiliki pemandangan indah, Pantai Madasari juga memiliki karang di tengah laut yang menjadi daya tarik utama. Hal ini menurut Undang menjadikan Pantai Madasari sebagai alternatif pilihan objek wisata di Pangandaran.

Mengenai akses jalan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini akses jalan menuju Pantai Madasari sudah bagus, walau jarak menuju Pantai Madasari lumayan jauh dari pusat kota Pangandaran. “Akses jalan sudah bagus, mestinya jaraknya yang jauh tidak lagi jadi kendala,” kata Undang.

Ciri khas Pantai Madasari di Pangandaran ini adalah karang bebatuan dari pinggir pantai yang menjulur hingga ke tengah laut. Hal tersebut diakui oleh Wawan Setiawan (20), warga Ciamis yang menetap di Bandung ini mengaku mengunjungi Pantai Madasari setelah melihat berbagai foto indah pantai ini dari media sosial. Namun menurut Wawan, pengunjungnya masih relatif sedikit.

“Iya, walau malam Minggu, hari libur, tapi pengunjung tidak terlalu rame,” kata Wawan.

Wawan bersama beberapa temannya sengaja mengunjungi Pantai Madasari pada malam hari. Menurut Wawan, ketika tiba di Pantai memang sudah ada beberapa pengunjung yang mendirikan tenda di sana, namun jika dibandingkan pengunjung ke Pantai Pangandaran, wisatawan ke Pantai Madasari masih sedikit.

“Pantai Madasari tidak terlalu rame seperti pantai lain, namun Madasari cocok banget untuk spot poto dan juga camping,” ujar Wawan.

Pernyataan Wawan diperkuat oleh Samsul (51), salah seorang warga Madasari, Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak. Menurutnya, Pantai Madasari masih sepi. “Padahal sama bule-bule Pantai ini sering dijadikan tempat berselancar, karena ombaknya cocok buat berselancar,” katanya. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA