Didampingi Agun, Mentan Serahkan Bantuan Traktor dan Bibit kepada Petani di Ciamis

Mentan
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amrah Sulaeman didampingi Anggota DPR RI Dapil X Agun Gunandjar Sudarsa dan Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, saat menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani yang bertempat di Lapang Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (22/03/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amrah Sulaeman didampingi Anggota DPR RI Dapil X Agun Gunandjar Sudarsa, menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani yang bertempat di Lapang Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (22/03/2019).

Bantuan hibah dari pemerintah tersebut berupa mesin traktor, bibit kelapa, mangga, durian, bibit pohon keras seperti kopi, bibit padi dan tananam holtikultura lainnya. Selain itu, beberapa kelompok masyarakat pun mendapat bantuan kambing dan ayam kampung beserta kandangnya.

Penerima bantuan ini tidak sekedar mendapat hibah, tetapi juga mendapat pendampingan dari penyuluh pertanian. Hal itu agar program tersebut bisa berkembang dan memberi dampak kesejahteraan bagi penerimanya.

Menteri Pertanian Andi Amran Suleman, dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengulirkan bantuan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Dia pun berharap bantuan ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menjadikan kembali pertanian sebagai sektor andalan.

“Kami akan terus mendorong petani agar hidup sejahtera. Saya ingin bertanya, apakah program pemerintahan yang seperti ini perlu dilanjutkan?,” tanya Andi yang dijawab secara serentak oleh hadiran, “Lanjutkan!”.

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil X (Ciamis, Banjar, Kuningan dan Pangandaran), Agun Gunandjar Sudarsa, yang mewakili masyarakat menyampaikan terimakasih atas bantuan program yang sangat bermanfaat tersebut. Dia pun menghimbau kepada penerima bantuan agar tidak menyia-nyiakan, bahkan menyalahgunakan bantuan tersebut.

“Kami meminta bantuan ini dipergunakan secara baik dan benar. Jadikanlah bantuan ini sebagai ladang ibadah untuk kesempurnaan hidup diri kita masing-masing, bagi agama, negara dan bangsa,” ujarnya, dalam sambutannya.

Agun juga mengingatkan hadirin agar menjadi orang yang bersyukur dan menjauhi sifat-sifat sombong dan angkuh. Apalagi suka mencaci dan memaki diantara sesama mahluk ciptaan Tuhan. “Perlakukan dan kerjakan bantuan yang diberikan oleh Mentan ini sebagai ibadah serta untuk kesejahteraan dan kemulyaan hidup kita,” kata Agun.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut hadir Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, Dandim, Kapolres, Kepala Dinas Pertanian, kelompok tani, penyuluh pertanian, pendamping desa, kepala desa, Bumdes, tokoh masyarakat, ulama, termasuk santri tani. Kegiatan ini mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat, terutama dari kaum tani dan santri. (R2/HR-Online)