Minat Baca Masih Rendah, Bunda Baca Kecamatan di Pangandaran Dibentuk

Pelantikan Bunda Baca Kecamatan dalam peresmian Pangandaran Creative Space. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Pangandaran yang dianggap masih rendah, Bunda Baca Pangandaran melantik sebanyak 10 orang perwakilan dari tiap Kecamatan dalam peresmian Pangandaran Creative Space, Sabtu (09/03/2019) lalu.

Bunda Baca Kabupaten Pangandaran, Ida Nurlaela, mengatakan, dengan dilantiknya 10 orang ini diharapkan mampu mendorong dalam mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya ini akan menjadi motivator bagi masyarakat, terutama anak-anak untuk gemar membaca dan menulis,” ucapnya.

Ida Nurlaela menambahkan, pihaknya berharap orang tua, terutama Bunda Kecamatan harus mengajak anak-anak di kecamatannya masing-masing untuk membaca ke perpustakaan.

“Ayo kita tunjukkan bahwa Kabupaten Pangandaran memiliki hobi gemar membaca dan menulis. Hal ini tentu untuk meningkatkan kemampuannya, sehingga memiliki ilmu yang cukup untuk menggugah generasi cerdas,” katanya.

Ida Nurlaela pun berpesan, agar sebagai isteri pejabat di tingkat kecamatan harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut berkiprah dalam mencerdaskan anak bangsa.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengakui minat baca masyarakat di Kabupaten Pangandaran masih terbilang rendah. Dengan adanya Bunda Kecamatan ini bisa membangkitkan minat membaca masyarakat.

“Pemerintah sedang berencana membangun Rumah Baca yang representatif dan nyaman di tiap kecamatan. Sehingga masyarakat kapan saja bisa membaca dan memanfaatkan buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan,”  pungkasnya. (Ceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA