Obat Pembasmi Kutu Rambut dari Bahan-bahan Alami

Obat Pembasmi Kutu Rambut
Ilustrasi. Kutu rambut bisa menyebabkan gatal yang tak tertahankan pada kulit kepala. Foto: Ist/net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Munculnya kutu rambut di kulit kepala tentu cukup menyiksa, Anda akan cukup sering menggaruk-garuk kepala ketika kepala Anda kutuan. Apalagi jika kutu tersebut menghisap darah pada bagian kulit kepala, kepala Anda akan gatal tak tertahankan. Hal ini tentu mendorong Anda untuk mencari cara menghilangkan kutu rambut, namun penggunaan bahan-bahan kimia mungkin dapat membuat Anda was-was karena keamanannya, karena itu obat alami pembasmi kutu di kepala ini akan sangat Anda perlukan.

Tahukah Anda jika kutu di kulit kepala ini tidak dihilangkan segera, maka si kutu betina akan mengeluarkan 6 telur dalam sehari. Telur tersebut nantinya akan menetas dalam waktu kurang lebih 8 hari. Kutu-kutu tersebut akan terus berkembang biak dan menambah gatal kulit kepala Anda.

Masalah serius lainnya dari kutu rambut ini adalah kutu bisa loncat dari rambut Anda ke rambut orang lain, sehingga cukup mudah untuk menularkan kutu ini ke saudara, teman ataupun orang-orang terdekat Anda.

Sebelum membahas obat alami pembasmi kutu rambut ini, ada baiknya Anda mengetahui penyebab munculnya kutu rambut di kepala Anda. Jika rambut Anda bersentuhan langsung dengan rambut orang yang kutuan maka Anda bisa tertular kutu ini secara langsung.

Selain itu Anda bisa juga tertular kutu rambut secara tidak langsung, misalnya lewat penggunaan sisir, sisir yang digunakan oleh orang yang terkena kutu di kepalanya membuat telur kutu akan menempel juga dalam sisir tersebut. Telur kutu inilah yang akan pindah ke rambut Anda dan menyebabkan munculnya kutu rambut di kepala.

Selain penggunaaan sisir, kutu rambut juga bisa berpindah lewat penggunaan handuk. Jika Anda menggunakan handuk dari orang yang kutuan, maka kemungkinan kutu berpindah ke rambut Anda akan semakin besar. Selain itu jarang merawat rambut juga bisa membuat kutu betah berlama-lama di rambut Anda. Kurangnya menjaga kebersihan rambut seperti keramas misalnya dapat menyebabkan munculnya kutu di rambut Anda.

Cara menghilangkan kutu rambut ini sebenarnya tak terlalu sulit, mungkin yang sulit adalah membasmi telur kutu. Tetapi jangan khawatir, karena ada obat alami pembasmi kutu, bahan-bahan ini sangat mudah untuk didapat di sekitar Anda.

Obat Pembasmi Kutu Rambut dari Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bukan hanya bisa digunakan untuk menghangatkan badan ketika Anda sedang sakit demam ataupun flu. Kombinasi antara kayu putih dan jeruk nipis ternyata cukup mujarab untuk membasmi kutu rambut ini.

Caranya, Anda cukup memeras 2 buah jeruk nipis ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 6 sendok makan minyak kayu putih, aduk hingga kedua bahan tercampur. Setelah tercampur barulah Anda bisa mengoleskannya pada seluruh bagian rambut. Agar meresap, pijat kulit kepala Anda dengan lembut lalu diamkan selama 2 jam. Barulah Anda bisa membilasnya dengan air hangat atau Anda bisa juga sekalian keramas.

Bawang Merah Ampuh Hilangkan Kutu rambut di Kepala

Bawang merah yang biasa kita gunakan untuk memasak ini ternyata mengandung sulfur putih yang efektif untuk membunuh kutu rambut.

Caranya, Anda siapkan 4 hingga 5 siung bawang merah, blender hingga halus, setelah benar-benar lembut, taruhlah bawang merah yang sudah diblender itu ke dalam kain dan mulai peras. Air perasan bawang merah ini bisa Anda gunakan untuk membasmi kutu rambut dengan cara mengoleskannya secara merata ke seluruh bagian rambut. Anda bisa sambil memijat kulit kepala selama 10 menit. Setelah itu tutup rambut dengan handuk basah hangat selama kurang lebih 2 jam.  Terakhir, Anda bisa menyisirnya dengan menggunakan sisir khusus kutu, nantinya kutu yang sudah mati akan jatuh sendiri.

Buah Lemon Ampuh Atasi Kutu Rambut

Buah lemon adalah bahan alami yang mengandung sifat asam tinggi. Kandungan asam pada lemon ini diketahui kemudian sangat bermanfaat untuk membasmi kutu rambut dengan cepat. Selain itu, perawatan untuk membasmi kutu dengan lemon ini sangat cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa karena aman dan mudah digunakan.

Cara mengatasi kutu rambut dengan lemon ini, Anda siapkan saja 1 buah lemon dan cuka. Peras lemon tersebut di dalam wadah tambahkan cuka sedikit. Lalu basuhkan ke seluruh bagian kulit kepala secara merasa. Tambahkan pijatan lembut selama 10 menit. Anda diamkan terlebih dahulu selama 40 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Atasi Kutu Rambut dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal orang sebagai cairan yang memiliki banyak kegunaan untuk manusia. Salah satunya, ternyata minyak kelapa ini ampuh dalam mengatasi kutu rambut di kepala Anda. Bukan hanya kutunya tapi telurnya sekaligus akan rontok dengan menggunakan minyak kelapa ini.

Obat pembasmi kutu rambut dengan minyak kelapa ini, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian rambut secara merata, sambil dipijat selama 10 hingga 15 menit agar minyak kelapa ini meresap. Tutup rambut Anda yang telah diolesi minyak kelapa ini selama satu malam. Baru esok harinya Anda bisa mencucinya dengan shampoo hingga bersih. Anda bisa menyisirnya dengan sisir khusus kutu untuk merontokkan kutu di rambut Anda.

Gunakan Lidah Buaya untuk Basmi Kutu Rambut

Lidah buaya memiliki khasiat yang beragam, terutama untuk mengatasi masalah rambut. Lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan alami untuk merawat rambut, tumbuhan yang satu ini dipercaya banyak orang bisa mengatasi rambut bercabang, rontok, ketombe, hingga bisa jadi obat pembasmi kutu rambut.

Caranya, gunakan lidah buaya yang sudah berwarna hijau tua pada bagian bawahnya. Cuci bersih lalu belah menjadi 2 bagian. Oleskan kedua belah bagian tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata.  Jangan lupa beri pijatan lembut selama 5 menit dan diamkan selama 2 sampai 3 jam agar meresap. Setelah itu, Anda bisa berkeramas untuk membersihkan gel lidah buaya yang menempel di rambut Anda. Saat berkeramas itulah kutu rambut akan rontok dengan sendirinya dari rambut Anda.

Daun Sirsak sebagai Obat Pembasmi Kutu Rambut Alami

Daun sirsak ini memiliki kandungan senyawa anti bakterial yang tinggi, senyawa inilah rupanya yang bisa menjadi obat pembasmi kutu rambut yang mampu mengusir kutu yang membuat Anda gatal-gatal tak tertahankan di bagian kepala. Tak hanya mampu membunuh kutu rambut, daun sirsak juga ternyata ampuh untuk membasmi telur-telur kutu.

Cara alami membasmi kutu rambut dengan daun sirsak ini, Anda iapkan daun sirsak sebanyak 10 lembar terlebih dahulu, rebus daun sirsak tersebut hingga airnya mendidih, lalu dinginkan. Barulah Anda oleskan ke bagian rambut Anda secara merata. Diamkan rebusan daun sirsak tersebut selama 2 hingga 3 jam agar meresap. Setalah itu Anda bisa membilasnya sekalian keramas dengan menggunakan shampoo hingga bersih.  

Itu dia obat pembasmi kutu dari bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan. Lakukan secara rutin agar kutu dan sekaligus telurnya kabur dari rambut Anda selamanya. Setelah rambut Anda bebas kutu, pastikan Anda merawat kebersihan rambut ya agar kutu-kutu itu tidak kembali lagi dan berkembang biak di kepala Anda. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA