Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruPakai Kacamata Hitam saat Keluar Rumah Bantu Cegah Penyakit Katarak

Pakai Kacamata Hitam saat Keluar Rumah Bantu Cegah Penyakit Katarak

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Masih rendahnya kesadaran menjaga kesehatan mata menjadi pemicu tingginya kasus penyakit katarak di Indonesia, dibanding negara lain. Terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang terus terpapar matahari.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/03/2019), pencegahan agar terhidar dari penyakit katarak sangat penting dilakukan sebelum terlambat.

Selain perlunya memeriksakan mata secara teratur, terutama mereka yang punya masalah kesehatan mata seperti minus maupun plus, ada pula upaya yang tak kalah penting, yaitu selalu pakai kacamata hitam ketika melakukan aktifitas fisik di luar ruangan.

Hal tersebut penting dilakukan lantaran setiap orang berpotensi menderita katarak. Penyebabnya bisa karena pengaruh bertambahnya usia, maupun faktor gaya hidup yang dapat memengaruhi kualitas mata seseorang.

Menurut dokter spesialis mata di Klinik Utama Mata Jakarta Eye Center (JEC), Nashril Ihsan, bahwa sebenarnya menjalani pola hidup sehat saja sudah cukup. Ia menganjurkan agar banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan.

“Lalu, tidak merokok, gunakan topi dan sunglasses serta kacamata anti UV saat beraktifitas di luar ruangan,” katanya.

Lebih lanjut Nashril menjelaskan, penyebab katarak juga bisa dipicu penyakit diabetes maupun penyakit mata lainnya, terutama akibat trauma kecelakaan, bayi yang terlahir infeksi, atau menggunakan kacamata yang minusnya di atas 6.

Meski katarak bisa sembuh total dengan hanya sekali operasi, namun bagi penderita yang usianya sudah lanjut atau memiliki kondisi tertentu, operasi tidak akan terlalu banyak membantu.

“Jika pasien tersebut kondisi korneanya tidak baik, biasanya kami tidak menganjurkan untuk operasi lantara keadaannya tidak akan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Biasanya, kata Nashril, jika orang tersebut terkena makula degeneration atau kemunduran penglihatan akibat usia, maka setelah dioperasi juga tetap tidak akan bisa melihat. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -