Dukung Ekonomi Kreatif dan Parawisata di Pangandaran, Sandiaga: Oke Oce Solusinya

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, menjanjikan akan meningkatkan perekonomian masyarakat Pangandaran apabila menang pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April mendatang. Menurutnya, setelah dirinya menjaring aspriasi dari masyarakat Pangandaran, lebih banyak yang mengeluhkan soal sulitnya lapangan usaha dan pekerjaan.

“Setelah tadi melakukan dialog, masyarakat Pangandaran lebih banyak yang bergelut di bidang ekonomi kreatif dan industri parawisata. Kebetulan dalam visi-misi kami terdapat program yang langsung menukik pada kebutuhan lapangan kerja, yaitu program Oke Oce,” katanya, kepada awak media, usai menghadiri silaturahmi dengan masyarakat Pangandaran, di Gedung Islamic Center Cijulang, Jum’at (08/03/2019).

Menurut Sandi, potensi dan sumber daya alam Pangandaran sangat luar biasa. Pangandaran, kata dia, kedepan bisa menjadi salah satu daerah yang maju khususnya di sektor parawisata. “Kemajuan parawisata ini tentunya terdapat peluang usaha serta peluang kerja untuk masyarakat Pangandaran. Nah, untuk menciptakan ekonomi kreatif dan industri parawisata yang bisa berimbas pada kesejahteraan masyarakat, program Oke Oce solusinya,” ujarnya.

Dalam teknis program Oke Oce, lanjut Sandiaga, nantinya akan didirikan rumah siap kerja. Rumah itu nantinya akan dipakai untuk melatih dan mendidik calon pengusaha atau calon pekerja yang benar-benar ingin maju. “Program Oke Oce ini sasaran utamanya untuk generasi milenial agar mereka cepat mendapat pekerjaan. Jadi, program itu langsung menyasar pada kebutuhan masyarakat dan dalam rangka menurunkan angka pengangguran di Indonesia,” ungkapnya.

Saat ditanya persiapan jelang debat Cawapres yang akan segera digelar, Sandiaga mengaku dirinya sudah mempersiapkannya. Dia mengatakan, isu yang akan dibahasnya pada debat Cawapres lebih ditekankan pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Bagian dari isu peningkatan perekonoian ini kan banyak, diantaranya mengenai emak emak milenial harus bisa mandiri, anak-anak muda yang banyak menganggur akan diberikan kesempatan lapangan pekerjaan, juga para guru honorer akan diperhatikan kesejahteraannya secara layak. Selain itu, perbaikan pada sistem pelayanan kesehatan, terutama program BPJS yang saat ini banyak permasalahan,”terangnya.

Selain itu, kata Sandi, pihaknya pun akan konsen dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat diantaranya daging ayam, daging sapi, telur dan kebutuhan pokok lainnya. “Kami ingin semua harga kebutuhan pokok bisa terjangkau oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Pangandaran, Sandiaga Uno disambut oleh ribuan relawan dan pendukungnya. Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Relawan Korps Sandiyuda yang juga mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran, Supratman.

Panglima Relawan Korps Sandiyuda Ahmad Heryawan yang akrab disapa Kang Aher mengatakan, banyak potensi di Kabupaten Pangandaran yang bisa lebih dikembangkan sebagai pendulang pundi-pundi PAD. Selain itu, dengan kamajuan parawisata Pangandaran, bisa dijadikan peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pangandaran ini sangat kaya akan potensi. Saat saya menjabat gubernur, Pangandaran selalu menjadi percontohan bagi kabupaten/kota lain di Jawa Barat dalam keberhasilan meraih PAD,” ujarnya.

Aher menegaskan, berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Pangandaran, kedepan akan dikelola maksimal apabila Prabowo-Sandi menang dan memimpin Indonesia. “Visi-misi Prabowo-Sandi salah satunya akan memaksimalkan penggalian potensi dalam rangka peningkatan pendapatan negara, khususnya di daerah. Makanya saya optimis apabila Prabowo-Sandi menang, Pangandaran akan lebih maju lagi,” tegasnya. (Mad/R2/HR-Online)

Loading...