Paripurna DPRD Kota Banjar, Pengambilan Sumpah Anggota DPRD PAW

Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Kota Banjar Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan 2014 – 2019 di Gedung DPRD Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- DPRD Kota Banjar menggelar Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019, yang diajukan DPC PDI-P Kota Banjar atas nama Anwar Hartono kepada Iwa Somantri, Jum’at (15/03/2019).

Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si., mengatakan, pihaknya mendapatkan surat dari DPC PDI-P Kota Banjar pada tanggal 31 Januari 2019, perihal usulan PAW atas nama Anwar Hartono kepada Iwa Somantri lantaran kecelakaan beberapa waktu lalu. Karena itu, DPRD langsung memproses dan melakukan berbagai tahapan untuk mengambil keputusan perihal tersebut.

“Sebagaimana surat dari Gubernur Jawa Barat tanggal 22 Februari 2019 tentang PAW ini, maka sesuai pertimbangan DPRD, memutuskan pada 15 Maret 2019 saudara Iwa Somantri resmi menjadi anggota DPRD Kota Banjar PAW sisa masa jabatan 2014-2019,” kata Dadang, saat memimpin rapat di Aula Gedung DPRD Kota Banjar.

Dadang menjelaskan, Iwa Somantri juga menjadi anggota pada Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kota Banjar yang menggantikan Anwar Hartono (alm), yakni pada Komisi I dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Perlu diketahui, saudara Anwar Hartono sebelumnya sebagai pimpinan DPRD Kota Banjar yang menjabat Wakil Ketua. Sehubungan yang bersangkutan kecelakaan dan meninggal dunia saat melaksanakan tugas, maka dari itu perlu adanya pengisian Wakil Ketua dari PDI-P. Sebagaimana surat yang diterima, saudara Sukiman menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Banjar,” tandas Dadang.

Sementara itu, Waki Walikota Banjar, Nana Suryana, mengatakan, keberadaan DPRD sangat penting dalam proses pembangunan daerah, termasuk meningkatkan dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, sinergitas antara legislatif dan eksekutif harus tetap dijaga dengan baik.

“Sebagai representasi dari rakyat, maka DPRD harus mampu menyerap dan menampung aspirasi masyarakat. Karena itu, kita mengajak antara DPRD dan Pemkot Banjar untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi Kota Banjar di masa sisa waktu ini. Semoga ke depan kita semakin lebih baik,” kata Nana, dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Iwa Somantri, mengatakan, dirinya tidak menyangka bakal menjadi salah satu anggota DPRD Kota Banjar. Namun, karena partainya sudah mengintruksikan agar menjadi pengganti Anwar Hartono, ia pun bersedia meski dengan waktu yang relatif singkat.

“Saya tidak ada bayangan sama sekali menjadi anggota dewan. Pada prinsipnya, saya akan bekerja sama dengan teman-teman yang ada untuk menjalankan roda pemerintahan, terutama melaksanakan apa yang menjadi harapan masyarakat,” singkatnya. (Muhafid/Koran HR)