Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita CiamisPesantren Sirnarasa Ciamis, Kiblat Wisata Religi

Pesantren Sirnarasa Ciamis, Kiblat Wisata Religi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pesantren Sirnarasa, yang ada di Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, disebut-sebut sebagai kiblat wisata religi di Ciamis.

Pasalnya, berbagai event sering digelar di pesantren yang dipimpin oleh Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodri QS. Atau terkenal dengan panggilan Abah Aos ini.

Pada tahun 2018, Pesantren ini sukses menyelenggarakan Pekan Pesantren dan Maulid Abah Gaos. Acara yang mengawinkan religi dan kebudayaan ini di puncak acara menampilkan Wayang Ajen yang mendapat sambutan dari masyarakat yang hadir.

Pasar Digital Sirnarasa

Inovasi lainnya, Pesantren Sirnarasa Ciamis juga menghadirkan Pasar Digital Sirnarasa yang merupakan destinasi digital berkonsep religi pertama di Indonesia.

Dengan wahana bernuansa Islami, Pesantren Sirnarasa berhasil menyuguhkan syiar Islam dengan cara berbeda. Pada peluncurannya di akhir 2018, keberadaan Taman Hijaiyah di Pasar Digital Sirnarasa jadi pusat perhatian pengunjung.

Selain itu, kawasan yang dikembangkan seluas tiga ribu meter persegi ini lengkap dengan spot-spot istimewa, seperti photobooth, ampliheater. Serta 11 stan makanan dan minuman tradisional yang wajib pengunjung cicipi. Selain itu, pesantren sirnarasa juga sedang mengembangkan Sirnarasa Nature Park.

Event terbaru yang diselenggarakan di Pesantren Sirnarasa Ciamis adalah hadirnya 38 public figur ibukota dalam acara silaturahmi Akbar, pada 7 Maret 2019 lalu. Hal ini mendapat apresiasi Kementerian Pariwisata Indonesia. 

“Dengan potensi besarnya, pariwisata Ciamis ini akan terus berkembang. Sebab, paket atraksi yang tersedia sangat lengkap. Ada alam, budaya, religi, hingga sejarah. Belum lagi kekuatan kuliner dan beragam hasil kerajinan. Potensi ini bisa dibranding dari event Silaturahmi ini,” kata Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Kemenpar dalam siaran persnya.

Potensi Wisata Religi di Ciamis

Sementara, Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar, Adella Raung mengatakan potensi wisata religi di Ciamis ini sedang naik. Event-event dengan nuansa religi yang selalu mendapat respon besar dari publik.

“Pesantren Sirnarasa ini menjadi motor penggerak wisata religi di Ciamis,” jelasnya. 

Sedangkan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara mengatakan, Pesantren Sirnarasa adalah destinasi yang komplet.

“Selain mendapatkan siraman rohani, pengunjung Pesantren Sirnarasa juga bisa berkunjung ke pasar digital Sirnarasa. Destinasi ini juga membuat pesantren selalu ramai,” kata Ukus. (Ndu/R7/HR-Online)