Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruHerman 'Pocong Ungu PSGC' Meninggal Dunia

Herman ‘Pocong Ungu PSGC’ Meninggal Dunia

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Herman Muslihudin yang lebih populer sebagai Pocong Ungu PSGC menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (30/3/2019). Herman meninggal di rumahnya di Dusun Sindangkasih, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Herman sempat dirawat di RSUD Ciamis akibat penyakit diabetes yang dideritanya.

“Kadar gulanya sangat tinggi dan ditambah ada luka di bagian kaki, jadi kondisinya semakin parah,” kata Eros, tetangga Herman pada HR Online, Sabtu (30/3/2019).

Selain dikenal sebagai Pocong Ungu PSGC, Herman dalam kesehariannya dikenal tetangga sebagai pedagang cilok. “Dalam kesehariannya hanya sebagai pedagang cilok, punya julukan juga, dipanggilnya cilok gaul,” kata Encu, tetangga Herman yang lain.

Meski, hidupnya terbilang pas-pasan, kata Encu, namun Herman tak pernah terlihat mengeluh. “Endut (panggilan keseharian Herman, red) merupakan suporter fanatik PSGC juga, kapan dan dimana PSGC bertanding Endut selalu hadir dengan mengenakan kostum khusus layaknya pocong,” terang Endu.

Herman yang meninggalkan seorang istri dan 2 orang anak ini, sering terlihat menonton PSGC Ciamis bukan hanya ketika tim kebanggaannya tersebut berlaga di Stadion Galuh Ciamis, namun juga ketika PSGC bertandang ke luar kota.

Setiap menonton PSGC, Herman selalu membungkus tubuhnya dengan kain berwarna ungu layaknya pocong, yang dilengkapi dengan make up di wajah hingga benar-benar terlihat mirip pocong. 

Penampilannya yang eksentrik setiap menonton PSGC bertanding ini menarik perhatian banyak kalangan, tak jarang Herman diajak berfoto oleh suporter PSGC yang lain.

Aksi terakhir Herman adalah ketika melaksanakan nadzarnya untuk berjalan kaki dari Kawali ke Stadion Galuh Ciamis saat PSGC berhasil kembali ke Liga 2, pada 22 Desember 2018 lalu. Pocong Ungu PSGC ini bersama beberapa 4 orang supporter PSGC lainnya ini menempuh perjalanan sejauh 26 kilometer.

Aksinya tersebut merupakan ungkapan syukur Herman karena PSGC berhasil naik kasta ke Liga 2, setelah sebelumya terpuruk di Liga 3.

“Saya melakukan nadzar karena kencintaan kepada PSGC. Bagi warga Ciamis, PSGC adalah kebanggaan dan kita sebagai warga Ciamis harus terus mendukungnya,” ujar Herman saat melaksanakan nadzarnya, pada Desember 2018 lalu. (Edji/R7/HR-Online).