Polsek Pangandaran Imbau Masyarakat Jaga Keselamatan Berkendara

Pengendara motor di Pangandaran yang masih abai terhadap keselamatan. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Polsek Pangandaran mengimbau para pengendara motor agar selalu menjaga keselamatan selama berkendara serta melengkapi surat-surat. Hal itu sebagai langkah antisipasi dan menjaga keselamatan selama perjalanan.

Kapolsek Pangandaran, Kompol Suyadi, mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali melakukan sosialisasi pentingnya memperhatikan kelengkapan saat berkendara, termasuk menggunakan helm. Bahkan, pihaknya mengklaim sudah membagikan sekitar 400 helm secara gratis kepada masyarakat dengan harapan kesadaran lalu lintas bisa meningkat.

“Walapun masih banyak yang tetap melanggar, tapi kita tetap mengimbau mereka untuk menjaga keselamatan selama berkendara,” kata Suyadi kepada Koran HR, Selasa (12/03/2019).

Ia menambahkan, meski masih adanya pengendara yang tidak mematuhi lalu lintas, seperti melawan arus satu arah, menerobos lampu merah, serta tidak menggunakan helm, namun ia mengakui tingkat kesadaran terhadap tertib lalu lintas mengalami kenaikan.

“Jadi, pakai helm itu bukan lagi karena takut ada Polisi, tapi harus berpikir itu demi keselamatan kita sendiri. Ini menjadi tantangan kami untuk terus memberikan kesadaran kepada masyarakat agar patuh saat berkendara,” imbuhnya.

Selain di wilayah perkotaan, lanjut Suyadi, pihaknya juga mengimbau kepada orang tua agar mengawasi anaknya dalam berkendara. Pasalnya, masih banyak remaja di pelosok pedesaan di Pangandaran yang abai terhadap keselamatan saat mengendarai sepeda motor.

“Di manapun lokasinya, kapanpun waktunya kalau kita berkendara harus tetap jaga keselamatan, minimalnya menggunakan helm standar. Pasalnya, nyawa kita sangat penting sekali, dan jangan sampai masa depan kita berakhir hanya karena kecelakaan yang disebabkan kecerobohan kita sendiri,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA