Potensi Wisata Baru di Ciakar Ciamis Ini Masih Terpendam

Goa bekas tempat persembunyian DI TII di kawasan Gunung Sawal, tepatnya di wilayah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Curug Cibulan dan goa bekas tempat persembunyian DI TII di kawasan Gunung Sawal, tepatnya di wilayah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, berpotensi menjadi obyek wisata baru. Sayangnya kedua lokasi tersebut belum terjamah banyak orang meski lokasinya tidak jauh dari objek wisata Alam Murbai.

Usup, warga Dusun Sindangjaya, ketika ditemui Koran HR, Senin (25/02/2019), mengatakan, selain obyek wisata Alam Murbai, kawasan Gunung Sawal di wilayah pegunungan Desa Ciakar juga memiliki dua lokasi yang berpotensi jadi objek wisata baru.

“Yaitu Curug Cibulan dan goa bekas tempat persembunyian DI TII pada jaman dahulu. Tapi sayangnya, dua lokasi itu belum terjamah. Hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya,” kata usup.

Andri, pengunjung obyek wisata Alam Murbai asal Desa Selacai, ketika dimintai tanggapan, berpendapat apabila dikembangkan menjadi daerah wisata, keadaan masyarakat sekitar akan lebih baik. Sayangnya pengembangan objek wisata tersebut belum maksimal.

Dalam hal ini, kata Andri, selain perlu adanya permohonan dan usulan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata , juga perlu ada kerjasama dengan pihak insvestor. Pemerintah tinggal melakukan kajian pada sisi tata ruangnya.

Een, warga sekitar, ketika ditemui Koran HR, Senin (25/02/2019), mengatakan, lokasi alam Murbai tidak hanya memiliki batu kuda. Akan tetapi selain panorama alamnya yang indah, cocok untuk berkemah dan gathering.

“Juga dekat dengan lokasi Curug cibulan dan goa DI TII. Karena belum terjamah, Goa tempat persembunyian DI TII malah menjadi sarang codot. Kalau kedua lokasi tersebut diprimosikan, dipastikan pengunjung wisata Alam Murbai bertambah,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA