Prospek Menggiurkan, Banyak Peternak di Banjar Pilih Memelihara Domba Garut

Banyak Peternak di Banjar Memelihara Domba Garut, Prospeknya Menggiurkan. Photo: Net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Peternak domba sayur di Kota Banjar, Jawa Barat, kini banyak yang memelihara domba garut. Pasalnya, harga jual domba garut lebih mahal dibanding domba sayur.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kota Banjar, Pendy S, mengatakan, domba garut semakin diminati masyarakat sehingga harga jualnya pun mahal. Karena itulah, sekarang ini banyak peternak di Banjar yang memelihara domba garut.

“Itu bisa dicek langsung ke sejumlah peternak domba sayur yang ada di Kota Banjar, dan dipastikan mereka memelihara domba garut. Saat ini harga jual domba garut yang masih berusia 4 bulan berkisar 5 jutaan rupiah,” jelasnya, Minggu (17/03/2019).

Dengan menjual domba garut, lanjut Pendy, mereka akan mendapat keuntungan yang lebih besar dibandingkan menjual domba sayur. Jadi, prospeknya memang lebih baik.

Bila ditotalkan, populasi domba garut yang ada di Kota Banjar selama ini terdata sekitar 150 ekor. Sedangkan, di tahun sebelumnya hanya puluhan ekor saja.

“Memelihara domba garut itu prospeknya menggiurkan di masa mendatang. Apalagi domba yang sering mengikuti ketangkasan dan menjadi juara, maka secara otomatis harga jualnya pun melonjak,” katanya.

Pendy menambahkan, jika sebelumnya harga jual domba garut dewasa hanya berkisar Rp 10 jutaan, namun ketika jadi juara dalam lomba ketangkasan domba, harganya bisa langsung meroket sampai puluhan juta rupiah, bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Mahalnya harga domba garut karena memiliki ciri khas yang sangat spesifik, dan sebagai salah satu Sumber Daya Genetik (SDG). Komoditas hewan rumpun asli Indonesia ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA