Puskesmas Padaherang Klarifikasi Soal Warga yang Terkena Kanker Payudara

Anis saat mendapatkan perawatan di RSUD Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Puskesmas Padaherang Kabupaten Pangandaran memberikan klarifikasi terkait adanya salah satu warga yang terkena penyakit kanker payudara dan harus melakukan rawat jalan dan kontrol di RSUD Ciamis.

Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati, membenarkan bahwa warga yang bernama Anis tersebut harus dirawat dan kontrol ke RSUD Ciamis sebagaimana rujukannya. Sementara itu, pihaknya pun memfasilitasi sebagaimana SOP yang berlaku.

Suryati menjelaskan, bahwa pihaknya dari awal sudah merawat Anis hingga membawanya ke RSHS Bandung yang mana dibantu juga oleh relawan Jabar Quick Response (JQR).

“Saya yang mengurus dari mulai menemukannya, sampai dibawa ke RSHS Bandung, dan saat ini Anis sedang di rawat di RSUD Ciamis. Kemarin diantar oleh ambulan dan perawat tanpa keluarga. Makanan pun saya yang nganter,” papar Suryati, Selasa (12/3/2019).

Sebelumnya, lanjut Suryati, kemarin Anis dirawat di Puskesmas selama 4 hari tanpa didampingi keluarga. Sementara itu, yang menunggu secara bergilir adalah pegawai perawat.

“Hari senin kemarin dibawa lagi ke RSUD Ciamis dan tidak ada keluarga yang menemani, hanya dengan perawat dan sampai akhirnya ada JQR dari Ciamis yang menggantikannya. Sekarang yang ngurusi JQR Ciamis dan rencananya besok Anis akan di USG dan di STSCAN. Mudah-mudahan hasilnya baik,” kata Suryati lagi.

Jika Anis boleh pulang, sambung Suryati, pihaknya yang akan menjemput langsung menggunakan ambulan. Dengan ini, jelas Suryati, tidak benar bila ada yang mengaku membutuhkan mobil untuk merujuk Anis ke RSUD Ciamis karena sudah mendapatkan pelayanan sesuai SOP dari Puskesmas Padaherang.

“Jadi bohong yang bilang butuh mobil buat merujuk Anis. Kami sudah melayani sesuai SOP,” pungkas Suryati. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA