Ratusan Peserta se Indonesia Bakal Ikuti Pameran dan Kontes Bonsai di Banjar

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Banjar, Nana Suryana, saat . Foto : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Banjar, Jawa Barat, kembali menggelar pameran bonsai nasional. Sebanyak 520 bonsai akan menghiasi pameran dan kontes bonsai nasional yang digelar di Taman Bhakti Kota Banjar, Jawa Barat, dari tanggal 3-10 Maret 2019.

Pameran dan kontes bonsai ini akan diikuti oleh 28 kota maupun kabupaten se Indonesia, diantaranya Kalimantan Selatan, Lampung, Bali, Madura, Wonosobo, Blitar, Nganjuk, Cilacap, Purworejo, Tulung Agung, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Cirebon, Kuningan, Palembang, Tangerang, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Banjar.

Ketua PPBI Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan, meski belum dibuka secara resmi, namun masyarakat sudah banyak yang mengunjungi ke lokasi pameran dan kontes bonsai ini.

“Pameran bonsai ini masih dalam rangkaian HUT ke 16 Kota Banjar. Alhamdulillah, meski belum dibuka, namun masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke lokasi untuk melihat berbagai macam bonsai berkelas,” ujar Nana yang juga Wakil Walikota Banjar ini kepada HR Online, Sabtu (2/3/2019).

Nana menambahkan, ada berbagai jenis macam bonsai yang ikut dalam pameran dan kontes ini, seperti Serut, Anting Puteri, Asem, Sisir, Wahong, dan lain-lain.

“Dalam pameran ini, bonsai yang dikonteskan dibagi menjadi lima kelas, yakni kelas Bintang, Utama, Madya, Regional, dan Prospek,” paparnya.

Ketua penyelenggara acara Pameran Nasional Bonsai, H Endang Hidayat mengatakan, selain untuk pameran dan kontes, acara ini pun menurutnya sebagai ajang silaturahmi para pecinta bonsai se Indonesia.

Ia menambahkan, pameran dan kontes bonsai ini merupakan sebagai ajang promosi Kota Banjar di tingkat nasional. Hal ini lantaran para peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Acara ini pun menjadi ajang edukasi bagi masyarakat, selain itu juga menjadi ajang promosi Kota Banjar,” imbuhnya.

Harga bonsai yang dipamerkan dan yang mengikuti kontes ini bisa disebut sangat fantastis. Pasalnya, ada salah satu bonsai yang dipamerkan jenis Beringin Karet atau Iprik dibandrol dengan harga Rp 1,7 milyar.

Selain pameran bonsai, komunitas pecinta ayam hias pun diundang dalam cara ini.

“Acara ini akan diresmikan besok (Minggu) dan berakhir pada tanggal 10 Maret 2019,” pungkas Endang Hidayat. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA