Hidup Sebatang Kara, Rumah Warga Miskin di Ciamis Ini Nyaris Ambruk

Rumah milik Erum, warga RT 03 RW 12, Desa Bangbayang, Cipaku sudah tidak layak huni dan nyaris ambruk. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah milik Erum, warga RT 03 RW 12, Dusun Bangbayangkidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, sudah lama kondisinya rusak parah. Bagian dinding rumah miliknya jebol dan kini nyaris ambruk. 

Ketika ditemui Koran HR, Senin (18/03/2019) lalu, Erum mengaku selalui dihantui rasa cemas saat berada di rumah yang kondisinya sudah rusak itu. Erum khawatir, rumah yang sudah rapuh itu tiba-tiba ambruk dan menimpanya.  

“Untungnya, sementara ini ada beberapa batang bambu yang dipasang warga untuk menyangga agar rumah tidak ambruk,” katanya.

Emong, warga sekitar, ketika dimintai tanggapan, Senin (18/03/2019) lalu, menyebutkan bahwa Erum merupakan warga miskin yang belum tersentuh bantuan pemerintah. Menurut dia, rumah Erum saja belum dialiri listrik.

Menurut Emong, Erum termasuk salah satu warga Bangbayang Kecamatan Cipaku yang memiliki rumah tidak layak huni (rutilahu). Kondisi rumah Erum sangat memprihatinkan dan nyaris ambruk. “Dia hidup sebatangkara,” katanya.

Rudi Hendra, warga lainnya, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/03/2019), menuturkan, untuk kebutuhan makan sehari-hari, Erum hanya mengandalkan hasil jualan sayuran. 

“Saya berharap masyarakat bergotong-royong memperbaiki rumah Erum. Sebab, kalau tidak secepatnya diperbaiki, bila ada hujan disertai angin kencang dipastikan rumahnya roboh,” kata Rudi.

Kepala Desa Bangbayang, Endang Kiswandi, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/03/2019) lalu, mengamini kondisi rumah Erum yang memprihatinkan. Pihaknya mengaku sudah berencana untuk memperbaiki rumah Erum yang tergolong warga miskin ini. 

“Hanya saja, kami masih terkendala biaya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat rumah Erum secepatnya diperbaiki. Baik oleh pemerintah desa maupun bantuan dari kabupaten,” katanya. (dji/Koran-HR)