Sarang Tawon di Alun-alun Banjar Resahkan Warga

Agus (45), warga Lingkungan Cibulan, Kota Banjar, menunjukkan keberadaan sarang tawon di salah satu pohon yang ada di Alun-alun Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Keberadaan sarang tawon pada ranting sebuah pohon di Alun-alun Kota Banjar, membuat sejumlah warga merasa resah. Keresahan warga lantaran kehadiran koloni tawon tersebut dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa menyerang siapa saja yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Seperti diungkapkan Iman (38), salah satu pedagang yang kerap mangkal di Alun-alun Kota Banjar. Menurutnya, sarang tawon berdiameter sekitar 35 centimeter itu berada di salah satu ranting pohon di alun-alun.

“Kami khawatir tawon-tawon tersebut sewaktu-waktu menyengat warga, terutama warga yang tengah berkunjung ke Alun-alun Banjar ini,” ungkap Iman, kepada Koran HR, Selasa (12/03/2019).

Hal yang sama dikatakan Abas (56), warga Banjar lainnya, bahwa sarang tawon itu sudah ada sejak satu bulan lalu. Namun, hingga kini belum ada warga atau pedagang yang berani untuk membasminya.

“Keberadaan sarang tawon ini sudah ada sebulan yang lalu, dan kami tidak mau ambil resiko. Makanya sampai sekarang pun belum ada yang menangani karena takut disengat,” kata Abas.

Sementara itu, Agus (45), warga Lingkungan Cibulan, Kota Banjar, mengatakan, warga atau pengunjung alun-alun kerap merasa was-was dan terganggu dengan keberadaan sarang tawon. Untuk itu, ia bersama warga lainnya meminta kepada pihak BPBD agar segera membasmi sarang tawon yang membahayakan.

“Warga merasa sangat terganggu. Kami minta kepada pihak BPBD atau pemadam kebakaran untuk segera membasmi sarang tawon itu. Kami khawatir karena sengatan tawon dapat membahayakan warga,” ujar Agus.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, berjanji bahwa pihaknya akan segera membersihkan sarang tawon yang berada di salah satu pohon di Alun-alun Banjar.

“Dengan adanya laporan dari warga, maka kami akan segera melakukan pembersihan sarang tawon tersebut,” kata Yayan. (Hermanto/Koran HR)