Seniman Pangandaran Pukau Wisatawan di Anjungan Jabar TMII

Penampilan para seniman asal Pangandaran di Anjungan Jabar TMII, Jakarta. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sejumlah seniman Pangandaran melakukan pertunjukan seni untuk menghibur wisatawan di anjungan Jabar Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (17/03/2019). Dalam penampilan tersebut, mereka menampilkan eok beluk, calung, tari kreasi dan musik etnik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pertunjukan diawali penampikan eok beluk yang digawangi Abah Kaum dan Abah Suh yang begitu memukau. Pasca itu, lagu-lagu khas Pangandaran terus dikumandangkan.

Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Pangandaran Aceng Hasim didampingi Kasi Kebudayaan Iing Rohidin, mengaku pihaknya sangat puas dengan performa yang ditunjukkan para seniman Pangandaran di anjungan Jabar. Dengan adanya ini, misi mengenalkan ciri khas Pangandaran kepada publik bisa menjadi cerminan ke depannya.

“Sepanjang pertunjukkan seni budaya ini, kami menampilkan video tempat objek-objek wisata di Pangandaran. Selain itu, kami juga membagikan brosur dan pamflet wisata Pangandaran,’ kata Aceng kepada HR Online.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Tasikmalaya, Asman, mengaku penampilan seni yang disuguhkan tersebut mengingatkan dirinya akan kampung halaman. Karena itu, pentas seni budaya ini sangat bagus dan harus terus digulirkan.

“Saya senang melihat seni daerah seperti tadi. Kebetulan kami datang bersama keluarga, hitung-hitung nyoreang alam katukang seperti ketika kami masih tinggal di salah satu desa di Tasikmalaya dahulu kala,” kata Asman. (Mad/R6/HR-Online)