Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Pangandaran Sasar Petani Penggarap Hutan

Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Pangandaran Sasar Petani Penggarap Hutan. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, menggelar sosialisasi Pemilu 2019 kepada kelompok petani penggarap di kawasan hutan Blok Pasirmuncang, Desa Sidamulih, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (07/03/2019).

Kepala Sub. Bagian Teknis dan Humas KPU Kabupaten Pangandaran, Wawan Cahyana, mengatakan, kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 ini bekerja sama dengan Perum Perhutani serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Sosialisasi ini merupakan amanah Undang Undang, yang mana masyarakat berperan penting dalam proses Pemilu serentak 2019 tanggal 17 April mendatang. Dalam Pemilu kali ini ada 5 surat suara berbeda. Masing-masing memiliki ciri, ukuran dan warna berbeda,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Wawan menjelaskan bahwa kertas surat suara berwarna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, warna biru untuk DPRD Provinsi, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD, dan warna kertas abu-abu untuk Pilpres.

Pihaknya berharap, pada Pemilu serentak nanti, para calon pemilih bisa berbondong-bondong datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya dengan baik dan benar.

Selain itu, seluruh elemen masyarakat juga diimbau agar ikut serta mensosialisasikan Pemilu, karena partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya sangat penting saat kontestasi demokrasi kali ini.

“Masyarakat bisa ikut berpartisipasi mensosialisasikan gerakan sadar Pemilu, supaya angka partisipasi pemilih meningkat dalam Pemilu nanti,” tandas Wawan.

Di tempat yang sama, Ketua LMDH Desa Sidamulih, Saean Supena, mengungkapkan terima kasihnya kepada KPU Kabupaten Pangandaran, yang melakukan sosialisasi di wilayahnya.

“Pemilu kali ini  ada 5 jenis surat suara. Tentu akan sedikit membingungkan bagi kami dan masyarakat lainnya. Dengan sosialisasi ini kami jadi mengerti jenis dan tata cara pencoblosan yang benar,” ungkap Supena. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA