Sudah Online, Begini Cara Membuat SKCK Zaman Now

Sudah Online, Begini Cara Membuat SKCK Zaman Now. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi Anda yang akan mencari pekerjaan dan butuh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kini sudah ada cara membuat SKCK secara online.

Banyak orang yang berfikir bahwa membuat SKCK itu ribet. Padahal, sekarang cara membuat SKCK online sudah tersedia. Tentu saja dengan cara ini bisa lebih mudah dan efisien untuk mendapatka surat keterangan tersebut.

Seperti diketahui bahwa SKCK merupakan surat yang diterbitkan Polri melalui Polsek atau Polres setempat, yang berisikan tentang catatan seseorang dalam data kepolisian. Surat keterangan ini hanya berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkan, namun bisa diperpanjang bila diperlukan.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Kamis (07/03/2019), membuat SKCK online pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan membuat SKCK secara offline. Hanya bedanya kalau secara online semua dokumen harus di-scan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara-cara membuat SKCK secara online yang bisa Anda lakukan tanpa harus antri di kantor polisi;

  1. Pastikan dulu kalau Anda sudah menyiapkan komputer atau laptop, lengkap dengan koneksi yang stabil untuk membuat SKCK online.
  2. Scan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat membuat SKCK online, yang meliputi fotokopi KTP atau SIM, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir/Ijazah, dan pas foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar.
  3. Lalu, akses alamat website untuk pembuatan SKCK online sesuai dengan domisili atau tempat Anda tinggal. Berikut ini beberapa pilihan alamat website-nya:
  4. Daerah Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok (skck.polri.go.id)
  5. Polda Jawa Barat (skck.poldajabar.org daftarskckbogor.com)
  6. Polda Jawa Tengah (skck.jateng.polri.go.id)
  7. Polda Jawa Timur (jatim.skck.online, polresbanyuwangi.com, sidoarjo.skck.online, resmalangkotaskck.com
  8. Polda Bali (bali.polri.go.id)
  9. Polda Pontianak (skck.polrestapontianakkota.org)
  10. Polres Balerang (polresbalerang.com)
  11. Polres Palembang (restapalembang.org)
  12. Jika sudah berhasil mengakses website yang dimaksud, kamu akan masuk ke menu pengisian data pribadi. Upload pula foto yang disyaratkan di laman tersebut dan upload pula dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk scan.
  13. Selanjutnya, isi data riwayat keluarga, pendidikan, serta riwayat pribadi Anda. Ada juga pertanyaan mengenai apakah Anda pernah terlibat dalam kasus pidana atau tidak. Kemudian ada pula pertanyaan mengenai tujuan Anda membuat SKCK. Saat membuat SKCK online ini semua pertanyaan harus diisi dengan jawaban jujur.
  14. Kemudian, saat Anda sudah memeriksa lagi jawabannya benar, tinggal ‘klik’ kirim data tersebut untuk diproses.
  15. Setelah proses sudah selesai maka akan muncul kode registrasi. Kode ini harus Anda bawa untuk mengambil SKCK yang sudah jadi di kantor kepolisian setempat.

Membuat SKCK Online bagi CPNS

Membuat SKCK secara online untuk CPNS memang ada sedikit perbedaan, yaitu ditambahkan fotokopi KTP 2 lembar, dan 4 lembar foto berwarna ukuran 4×6 dengan background merah.

Biaya Pembuatan SKCK Online

Biaya untuk pembuatan SKCK online maupun offline pada dasarnya sama saja. Sebelum peraturan baru diberlakukan, biaya pembuatannya hanya sebesar Rp 10 ribu. Tapim sejak tanggal tanggal 6 Januari 2017 lalu, biaya untuk penerbitan SKCK naik menjadi Rp 30 ribu.

Biaya sebesar itu berlaku sama di semua Polres/Polsek se-Indonesia. Jadi, Anda sekarang tidak usah bingung lagi mengenai nominal yang harus dikeluarkan saat mengurus pembuatan SKCK online maupun offline.

Sedangkan, untuk pembayaran SKCK online ini dapat dilakukan melalui BRI mobile banking, ATM BRI, bahkan di teller BRI. Namun, semua ini tidak hanya berlaku untuk BRI saja, tetapi Anda juga dapat melakukan pembayarannya melalui bank lain. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA