Tahun ini, BBWS akan Normalisasi Dua Sungai di Pangandaran

Tahun ini, BBWS akan Normalisasi Dua Sungai di Pangandaran. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah akan segera melakukan pengerukan atau normalisasi dua sungai yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yakni Sungai Cikidang dan Sungai Ciputrapinggan.

Normalisasi dua sungai tersebut akan dikerjakan tahun ini oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Pengerukan sungai dilakukan sebagai upaya untuk menekan resiko bencana banjir di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Hal itu dikatakan Koordinator Sub Unit Pelayanan Wilayah Sungai Cimedang, Ciputrapinggan Dinas SDA Jawa Barat, Oom Abdurahman, dalam sosialisasi terkait rencana tersebut kepada warga yang tinggal di sekitar Sungai Cikidang dan Ciputrapinggan, Jum’at (15/03/2019).

“Kami akan membentuk tim sebelum pengerjaan dilaksanakan. Jangan sampai ada tanah masyarakat yang terganggu. Kalau melihat sekarang, dari 31.000 meter persegi, kini tinggal sekitar 4.000 meter persegi yang dari perencanaan ideal dilanjutkan ke perencanaan hasil penyesuaian di lapangan,” terangnya.

Oom juga mengatakan, tujuan dibentuknya tim untuk mengetahui tanah siapa saja dan berapa luasnya. Dengan begitu, pihaknya akan tahu berapa luas tanah yang harus diganti.

“Siapa yang akan menggantinya, nanti kita berunding lagi, karena itu bukan merupakan wewenang saya,” ujarnya.

Oom menyebutkan, rencananya panjang dari normalisasi sungai tersebut dari hulu sampai hilir sekitar 4.600 meter, dengan lebar dasar sungai di bagian hulu 4 meter, bagian tengah 5 meter dan hilir 10 meter. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA