Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Tumbuhan Putri Malu Bagi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Tumbuhan Putri Malu Bagi Kesehatan. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Pernah melihat tumbuhan putri malu? Ya, tumbuhan ini akan menyusup dan mengatup saat disentuh. Namun, tak banyak yang tahu kalau ternyata tumbuhan unik ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini punya berbagai manfaat. Seperti diungkapkan Dokter Gopi Krishna Maddikera dari MavCure, bahwa jenis tanaman liar tersebut memiliki sifat antibakteri, antidepresan, antivenom, afrodisiak, anti-asma. antikonvulsan, dan anti-kesuburan.

Selain itu, tanaman ini juga punya sifat emetik, tonik, dan obat penenang, serta kaya akan alkaloid, asam amino non-protein (mimosin), sterol, tanin, terpenoid, serta asam lemak.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Sabtu (02/03/2019), berikut ini adalah masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan Mimosa pudica;

Pendarahan Berlebih saat Menstruasi

Tumbuhan ini berguna untuk mengendalikan pendarahan berlebih ketika menstruasi. Hal itu karena kandungan yang ada pada putri malu mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, campurkan 6 sendok teh ekstrak putri malu dengan madu, lalu minum tiga kali sehari secara rutin.

Payudara yang Kendur

Untuk mengencangkan payudara tak perlu melakukan operasi yang mahal. Cukup siapkan ulekan daun putri malu dan akar Ashwagandha, kemudian oleskan pada payudara yang kendur agar kembali terangkat. Selain itu, ramuan ini juga bermanfaat untuk membantu mengencangkan otot-otot yang meregang dari bagian dalam.

Insomnia atau Kurang Tidur

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tumbuhan tersebut adalah untuk merilekskan otak serta tubuh dari kecemasan dan stres. Saat otak Anda tenang, maka tidur pun menjadi jauh lebih mudah.

Cara membuat ramuannya, hancurkan daun putri malu menggunakan cobek. Lalu, rebus ulekan daun tersebut dalam air panas dan saring. Diminum setiap malam, maka dalam waktu 15-20 hari Anda akan merasakan hasilnya.

Ejakulasi Dini

Tumbuhan Mimosa pudica ini juga bisa digunakan untuk membantu pria yang menderita disfungsi ereksi. Tapi memang belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat tersebut.

Cara konsumsinya, ambil biji dari tanaman ini, lalu campurkan dengan jumlah gula yang sama. Setelah itu, minum 2 sendok teh ramuan tersebut dengan susu hangat saat malam hari.

Rambut Rontok

Tanaman ini pun bisa membantu pertumbuhan sel-sel rambut baru, sekaligus mengendalikan kerontokan dan kebotakan rambut. Apabila rambut Anda gampang rontok, sebaiknya gunakan shampo herbal yang mengandung ekstrak tumbuhan putri malu/Mimosa pudica.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ambil segenggam putri malu, kemudian tambahkan air dan minyak kelapa, lalu hancurkan. Selanjutnya, oleskan ramuan ini selama sekitar 20 menit, dan bilas dengan air hingga bersih. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA