Walaupun Bau, Ternyata Manfaat Kentut Luar Biasa untuk Kesehatan

Ilustrasi manfaat kentut. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski dikatakan normal jika orang kentut, namun yang di sekitarnya akan “membenci” prilaku tersebut. Karena bau yang dikeluarkan dari kentut bisa mengganggu sekitarnya. Padahal, ada manfaat kentut untuk kesehatan dan itu jarang diketahui orang banyak.

Kentut atau buang angin adalah keadaan dimana gas yang merupakan sisa di dalam perut keluar, dan itu terjadi karena kondisi perut perih.

Jika kentut mengeluarkan bunyi tentu akan “membunuh diri sendiri”, terlebih berada di keramaian. Bukan hanya bunyi, rasa malu dan tidak nyaman terhadap orang lain bisa terjadi jika kentut tersebut mengeluarkan bau.

Meski begitu, apabila Anda ingin kentut sebaiknya jangan ditahan. Jika mau kentut di banyak orang, maka segera pergi ke tempat yang sekiranya “aman”. Pasalnya, meski bau dan membuat malu, kentut memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat kentut yang jarang disadari dan diketahui oleh diri sendiri maupun orang lain.

1. Mengurangi sakit perut

Tahukah Anda jika terlalu lama menahan buang angin bisa membuat masalah untuk kesehatan tubuh? Ya, ternyata dengan kentut yang ditahan bisa memicu penyakit distensi usus. Akibatnya bisa menimbulkan sakit perut.

Terkadang, untuk yang sulit kentut maka bakal menhalami rasa sakit di perut. Hal itu terjadi karena menumpuknya gas pada sisten pencernaan.

Untuk itu, dengan keluarnya gas di dalam perut atau saluran pencernaan dengan normal, bisa meredakan nyeri di perut. Jadi lebih baik mengeluarkan ketut meski malu, ketimbang menahan yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

2. Pendeteksi alergi makanan

Manfaat kentut yang kedua mungkin terdengar aneh. Namun sudah dibuktikan oleh para ahli kesehatan bahwa kentut bisa mendeteksi alergi makanan.

Setelah Anda memakan makanan yang ada kandungan laktosa, lalu perut menjadi kembung yang bersamaan dengan seringnya buang angin atau frekuensi yang tidak normal.

Dengan kejadian seperti itu, maka kentut bisa menjadi pertanda kalau Anda mempunyai alergi terhadap makanan yang mengandung laktosa.

3. Solusi perut kembung

Perut kembung biasanya terjadi karena udara yang ada di dalam tubuh atau saluran pencernaan tidak bisa keluar atau terjebak. Sehingga jika dalam keadaan seperti itu sebaiknya jangan ditahan, karena dapat mengganggu fungsi pencernaan dan membuat menjadi tidak nyaman.

Untuk itu, sebagai solusi perut kembung disarankan tetap buang angin dengan normal dan jangan ditahan.

4. Mengurangi gelisah

Manfaat kentut selanjutnya adalah mengurangi gelisah, karena gas yang “sukses” keluar dari dalam perut bisa menjadikan sensasi bahagia yang luar biasa.

Rasa gelisah bisa diakibatkan karena menahan rasa sakit di perut. Dan ketika buang angin maka rasa sakit tersebut bisa hilang.    

5. Membuang zat berbahaya

Ketika buang angin maka tidak sedikit zat yang keluar dari dalam perut. Dengan begitu dapat melindungi kesehatan dari perut kembung atau faktor pemicu lainnya. Zat atau partikel yang keluar saat buang angin itu ada juga yang buruk dan jika didiamkan di dalam tentu akan mengganggu kesehatan tubuh.

6. Peredaran darah menjadi lancar

Kemudian manfaat kentut lainnya yaitu bisa memperlancar peredaran darah. Saat buang angin, maka gas hydrogen sulfide yang berperan penting untuk menjadikan peredaran darah menjadi lancar ikut keluar.

Pasalnya, sifat dari zat atau gas tersebut yang bisa menjadikan jaringan oembuluh darah menjadi longgar. Serta, bisa melenturkan pembuluh darah arteri dan vena. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA