Waspada, 4 Jenis Virus Komputer Ini Bisa Merugikan Anda

Ilustrasi virus komputer. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Sama halnya dengan yang terjadi manusia, virus yang menjangkit komputer juga bisa merugikan. Ya, virus komputer bisa meng-copy atau mengambil data target atau korban dengan cara yang tidak diketahui pemilik data tersebut.

Bukan hanya itu saja, virus komputer juga bisa merusak sistem windows atau software. Bahkan perangkat keras komputer baik laptop maupun PC juga tak luput dari serangan virus.

Menurut data yang HR Online rangkum dari berbagai sumber, virus yang bisa mengambil, menghapus data serta merusak ini, menyerang ke pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi windows sebanyak 95 persen. Sedangkan 5 persen bisa menginfeksi Mac, Linux, OS/2 IBM dan sebagainya.

Sebelum Anda “memerangi” virus komputer, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenisnya yang bisa perlu diwaspadai. Berikut ini jenis virus yang menjangkit komputer dan cara kerjanya.

1. Worm

Untuk jenis virus yang satu ini memang dampak secara langsung tidak membahayakan. Akan tetapi, jika segera ditangani dan didiamkan saja, maka virus komputer Worm merapuhkan atau merusak windows.

Virus Worm bisa dengan cepat menduplikasikan diri serta bisa membuat file sendiri secara acak di komputer. Itulah yang mengakibatkan penyimpanan di hardisk menjadi penuh oleh virus dan menguras cara kerja RAM/memori komputer.

Sedangkan cara kerja Worm menginfeksi komputer yaitu dengan perantara email atau tersambung dengan internet.

2. Trojan

Dari beberapa jenis virus di komputer nama virus Trojan bisa dikatakan yang paling populer. Virus komputer ini mampu mengendalikan dan mengontrol serta mengambil data di laptop maupun PC.

Sedangkan cara kerja dari virus Trojan tidak jauh berbeda dengan Worm. Trojan menginfeksi komputer via email dan koneksi internet. Targer dari virus ini yaitu untuk mendapatkan data dari calon korban, bisa password akun seperti Facebook, email atau sebagainya. Hal itu dikarenakan pengguna komputer memiliki kebiasaan menyimpan kata sandi secara otomatis dan itu tercatat di dalam sistem log komputer.

3. Spyware

Spyware merupakan perangkat lunak yang tujuannya untuk mencuri data orang lain. Virus komputer ini tidak hanya mengambil data korban, melainkan bisa merusak windows komputer.

Program berbahaya ini menyerang atau menginfeksi file yang ada di komputer melalui internet atau perangkat penyimpanan.

Sebenarnya spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan/adware, yang dibuat untuk mengawasi pengguna komputer saat berjelajah di dunia maya untuk mendatangkan banyak iklan.

Apabila Anda pernah melihat iklan saat berselancar di internet yang isinya menawarkan software atau semacamnya untuk diunduh, sebaiknya jangan mendownloadnya. Pasalnya, besar kemungkinan di dalam file itu tersisipi virus spyware.

Sedangkan kerugian jika komputer sudah terjangkit spyware antara lain pengambilan data penting, internet menjadi lemot, dan data kuota internet cepat habis.

4. Rootkit

Rootkit merupakan kumpulan software yang dibuat secara khusus untuk memanipulasi atau menyembunyikan data yang beriprasi dari sistem operasi yang langsung ke perangkat keras.

Awal mulanya, Rootkit ini dirancang untuk membantu administrator memulihkan kata sandi yang hilang, namun seiring perkembangan malah disalahgunakan untuk membuat virus.

Virus komputer rootkit ini dipakai agar saat masuk atau menyusup ke komputer korban tidak terdeteksi oleh antivirus.  

Sementara dampaknya untuk laptop atau PC yang terjangkit rootkit yaitu bisa meledakkan komputer, apabila virus tersebut memberikan perintah prosesor tanpa seijin sistem operasi.

Dengan perintah tersebut, maka prosesor akan berkeja secara terus menerus dengan kecepatan yang tinggi dalam waktu yang lama. Hal itulah yang bisa membuat komputer meledak. (Adi/R5/HR-Online)