Wisata Bukit Seribu Bintang di Ciamis, Gemerlap Lampu Kota Tasik Terlihat Jelas

Bukit Seribu Bintang
Bukit Seribu Bintang yang terdapat di kaki Gunung Sawal atau tepatnya di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki potensi wisata yang belum terjamah. Potensi wisata yang terdapat di kaki Gunung Sawal itu bisa disebut sebagai Bukit Seribu Bintang.

Pasalnya, gemerlap lampu Kota Tasikmalaya hingga Garut terlihat jelas dari atas bukit layaknya gemerlap seribu bintang di malam hari.

Irfansyah, pendaki gunung, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, menuturkan, bukit bintang di kaki Gunung Sawal tersebut berlum terjamah wisatawan dari luar daerah. Salah satu alasannya adalah karena belum banyak dipublikasikan.   

“Saya berharap, Dinas Pariwisata dan stakeholder bisa melihat potensi wisata yang sangat luar biasa ini,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengaku belum mendapatkan laporan mengenai potensi wisata bukit bintang di wilayah Panumbangan.

“Baik laporan dari pemerintah desa maupun kecamatan,” katanya.

Jika ada, kata Toto, pihaknya akan memberikan pengetahuan dasar tentang cara mengelola destinasi wisata. Pihaknya mempunyai program capacity building bidang ekonomi kreatif untuk menumbuhkan potensi ekowisata yang ada di Kabupaten Ciamis. 

Melalui program, Toto menambahkan, pihaknya memberikan pelatihan dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam sektor pariwisata. Salah satu contohnya SDM di objek wisaya Batu Cakra Darmacaang.  

“Contoh dari pengembangan destinasi wisata yaitu Darmacaang yang kini sudah sangat baik. Kini mereka bisa memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Terkait potensi wisata bukit bintang di Panumbangan, Toto menegaskan, pihaknya harus berkordinasi terlebih dahulu dengan sejumlah pihak. Soalnya, menurut dia, lokasinya berada di kawasan hutan konservasi. 

“Pesan kami kepada wisatawan, hati-hati saat berkunjung, karena masih belum ada penanggung jawab yang jelas,” katanya.

Sebelumnya, banyak potensi objek wisata di Kabupaten Ciamis yang belum tergali dan akhirnya dikembangkan oleh pemerintah desa dan masyarakat sekitar. Seperti contoh Curug Salosin di Kecamatan Cihaurbeuti dan objek wisata Sungai Cireong di Kecamatan Sindangkasih yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat setempat.

Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi potensi objek wisata lainnya di Kabupaten Ciamis yang belum tergali, terutama yang berada di kaki gunung sawal. (Fahmi/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA